Gerakkan Sektor Potensial, Ketua DPD RI Dukung Akses ke Tol Lebak-Panimbangan Ditambah

Tol Serang-Panimbang

Realitarakyat.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung agar akses menuju jalan tol Lebak-Panimbangan ditambah. Menurut LaNyalla, pembukaan akses akan turut membantu menggerakkan sektor-sektor potensial.

“Akses menuju jalan tol jelas sangat penting. Saat ini masyarakat Banten memang telah dapat menikmati kemudahan dengan fasilitas akses jalan raya. Hanya saja, untuk membantu menggerakkan roda perekonomian, akses tersebut harus ditambah,” katanya, Minggu (21/11/2021).

Senator asal Jawa Timur ini menjelaskan, sektor-sektor potensial seperti perdagangan dan pariwisata bisa terbantu dengan akses yang mudah.

“Sektor perdagangan dan pariwisata membutuhkan kemudahan akses. Dua sektor ini akan sangat merasakan dampak positif jika akses menuju tol ditambah,” tuturnya.

Dengan alasan tersebut, LaNyalla mendukung Pemprov Banten untuk melakukan penambahan akses jalan tol Serang-Panimbang agar ditembuskan ke wilayah Bayah, Lebak Selatan.

Dengan akses melalui tol, jalan darat yang ditempuh dari Rangkasbitung atau Lebak ke Sukabumi akan lebih mudah dan cepat.

“Salah satu daerah yang akan merasakan impact jika rencana ini diwujudkan adalah Daerah Bayah yang kaya akan sumber daya alam dan sangat melimpah namun belum dikelola dengan baik,” katanya.

Di Bayah, selain terdapat pertambangan emas, sektor lainnya seperti perkebunan dan pariwisata sangat besar potensi pertumbuhannya.

“Dengan akses jalan tol tersebut, maka pengelolaan dan pemanfaatan SDA secara maksimal akan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sekitar,” katanya.

Selama ini, daerah Bayah menuju Cikotok lalu tembus ke Sukabumi tidak dapat dikelola dengan baik. Karena, sangat jauh dari jangkauan. Dengan dibangunnya akses jalan, Lebak akan dapat memanfaatkan sumber daya dengan seoptimal mungkin.(ndi)