DPR Minta Pemerintah Perhatikan Kondisi Jalan di Jalur Poros Pantura

  • Bagikan
DPR Minta Pemerintah Perhatikan Kondisi Jalan di Jalur Poros Pantura
Anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kady /NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kady meminta pemerintah memperhatikan kondisi jalan di Jalur Poros Pantura sehingga harus dibangun dengan menggunakan material beton karena setiap hari dilalui kendaraan bermuatan berat.

“Jalan Jalur Poros Pantura harus dibangun dengan menggunakan material beton,” kata Hamka, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/11/2021).

Hal itu dikatakan Hamka saat mengikuti agenda kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Rembang, Jawa Tengah.

Dia mengatakan jalur poros Pantura merupakan jalan yang banyak dilalui angkutan logistik dengan berat muatannya rata-rata melebihi 10 ton ke atas, sehingga terjadi kelebihan beban jalan atau “overload”.

Menurut dia, jalan poros Pantura juga menjadi pilihan alternatif bagi sebagian besar pengemudi angkutan logistik daripada melalui jalan tol karena dianggap biayanya lebih mahal.

“Jadi pengemudi merasa lebih memilih poros pantura dibanding lewat jalan alternatif jalan tol, dengan demikian poros pantura ini menjadi jalan utama bagi angkutan logistik,” ujarnya.

Hamka juga menilai perlu dibuatkan penyangga di bahu jalan poros Pantura agar tidak bergeser akibat beban jalan dan juga penegakan hukum terhadap pelanggar yang membawa barang melebihi kapasitas. (ndi)

  • Bagikan