Soal Pengumuman Bambang Pacul Jadi Ketua Komisi III, PDIP Tunggu Arahan Puan

  • Bagikan
umum
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto (net/ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Fraksi PDIP di DPR RI, Utut Adianto menyebut pihaknya menunggu arahan Ketua DPP Puan Maharani untuk mengumumkan secara resmi Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul sebagai Ketua Komisi III DPR.

Bambang Pacul sebelumnya disebut menggantikan posisi Herman Hery yang kini menjadi anggota Komisi VII DPR.

“Saya tunggu aba-aba dari Ketua DPR RI. Cuma karena belum diaba-aba, saya belum bisa mengumumkan. Apakah beliau yang umumkan apa saya, saya belum tahu,” kata Utut saat dikonfirmasi, Kamis (18/11).

Selain sebagai Ketua DPR, Puan diketahui merupakan pembina fraksi PDIP di Parlemen, dan oleh karenanya ia berhak menugaskan atau mengganti anggota fraksi. Menurut Utut, rotasi anggota fraksinya merupakan fatsun atau etika politik partai.

Lebih lanjut, mantan pecatur nasional itu menyebut bahwa fraksinya jarang melakukan rotasi di jajaran pimpinan fraksi. Meski begitu, dia bilang semua kader harus siap dan ikhlas jika harus dirotasi. Dia membantah bahwa rotasi itu dilakukan secara tiba-tiba.

“Tingkat pimpinan seperti saya ini, pimpinan seperti Pak Herman Hery itu sudah siap, bukan hanya ikhlas, siap setiap saat diganti,” katanya.

Terpisah, Herman Hery mengaku legowo dengan keputusan partai yang memindahkan dirinya. Dia mengaku selalu siap menjalankan tugas dengan maksimal di mana pun ditempatkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Herman menegaskan dirinya selalu taat dan loyal pada mandat yang memindahkan tugasnya dari Ketua Komisi III DPR menjadi anggota Komisi VII DPR.

“Sebagai petugas partai, prinsip saya cuma satu, yakni memenangkan pertempuran di medan perang mana pun saya ditempatkan oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan pimpinan partai yang saya cintai ini,” kata dia lewat Instagram pribadinya.[prs]

 

  • Bagikan