1

Amerika dan Saudi Ikut Batasi Perjalanan dari Afsel

Realitarakyat.com – Amerika Serikat (AS), Brasil, Kanada, dan Arab Saudi menjadi negara terbaru yang membatasi perjalanan dari Afrika Selatan. Pembatasan ini seiring dengan perkembangan Covid-19 varian baru yang bernama Omicron.

Sebagaiman dilansir AFP, Sabtu (27/11), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan varian Omicron lebih mudah menular dibandingkan dengan varian delta. Kasus ini berawal di Afrika Selatan dan sudah berkembang hingga Eropa dan Hong Kong.

Wisatawan yang cemas dari Johannesburg bergegas ke bandara untuk mengejar penerbangan terakhir setelah negara-negara mulai menutup pintu dari Afrika Selatan.
Varian baru Covid-19 ini akan mempengaruhi proses pemulihan ekonomi di global. Pasar di seluruh dunia jatuh di tengah kekhawatiran terhadap Omicron.

Presiden AS Joe Biden mengatakan seluruh negara harus menyumbangkan lebih banyak vaksin Covid-19 dan melepas perlindungan kekayaan intelektual. Hal ini agar bisa memproduksi lebih banyak vaksin di seluruh dunia dan membendung penyebaran Covid-19.

“Berita tentang varian baru ini seharusnya membuat lebih jelas dari sebelumnya mengapa pandemi ini tidak akan berakhir sampai kita memiliki vaksinasi global,” ucap Biden.

Sejumlah ilmuwan sedang berlomba untuk melihat dampak yang timbul dari Omicron. Pasalnya, varian baru itu diproyeksi bermutasi lebih banyak dari Delta.

WHO mengatakan butuh beberapa minggu untuk memahami omicron dan memperingatkan dunia agar tak memaksakan pembatasan perjalanan, sedangkan bukti ilmiah terkait omicron masih minim.

Sementara, pejabat Uni Eropa mengadakan pertemuan darurat dan setuju untuk mendesak 27 negara di blok tersebut membatasi perjalanan dari Afrika Selatan.

Kementerian Kesehatan Afrika Selatan menyebut desakan global untuk memberlakukan larangan perjalanan sebagai tindakan yang kejam.[prs]