Tertutup Abu Gunung Berapi La Cumbre Vieja, 20 Penerbangan Spanyol Dibatalkan

cumbre

Realitarakyat.com – Semua penerbangan dari maupun menuju Pulau La Palma, Spanyol dibatalkan karena abu dari gunung berapi La Cumbre Vieja, yang telah meletus selama dua bulan terakhir.

Melansir AFP, sebanyak 20 penerbangan nasional dibatalkan pada hari Sabtu, (20/11), kata juru bicara otoritas bandara Spanyol.

Perjalanan udara ke pulau yang berada di kepulauan Canaries milik Spanyol, di lepas pantai Atlantik Afrika Utara, terganggu sejak gunung La Cumbre Vieja meletus pada 19 September.

Tidak ada korban jiwa dalam letusan di pulau berpenduduk 85.000 jiwa itu, namun menimbulkan kerusakan serius dan menyebabkan evakuasi lebih dari 7.000 jiwa.

Lebih dari 1.000 hektare tanah dan lebih dari 2.600 bangunan hancur, menurut sistem pengukuran geospasial Eropa, Copernicus. Kerusakan sementara diperkirakan hampir 900 juta Euro atau sekitar $1 miliar.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan bantuan baru untuk ekonomi dan infrastruktur pulau itu, yang terutama bergantung pada pariwisata dan budidaya pisang.

La Palma mengalami letusan gunung berapi ketiga dalam satu abad terakhir, setelah letusan gunung berapi San Juan pada tahun 1949 dan Teneguia pada tahun 1971.

Bulan lalu sebanyak 38 penerbangan yang sebagian besar berasal dan menuju pulau lain di kepulauan Antlantik sekitar lepas pantai Maroko itu juga dibatalkan akibat abu dari letusan Gunung La Cumbre Vieja.[prs]