Waskita Karya Klaim Dapat Untuk Jual Tol Cibitung-Cilincing

  • Bagikan
Waskita Karya Klaim Dapat Untuk Jual Tol Cibitung-Cilincing
image_pdfimage_print

Realiatarakyat.com – PT Waskita Toll Road (WTR) selaku anak usaha PT Waskita Karya (Persero) meraup dana sebesar Rp2,44 triliun dari divestasi 55 persen kepemilikan saham di PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP).

CTP adalah badan usaha jalan tol (BUJT) pemegang konsesi Tol Cibitung-Cilincing. Transaksi ini dilakukan antara WTR dengan PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API), anak usaha PT Pelindo (Persero).

“Pembayaran telah diterima penuh oleh WTR, sehingga kepemilikan Waskita atas 55 persen saham CTP resmi berpindah ke API,” ungkap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Taufik Hendra Kusuma dalam rilis resmi, Jumat (15/10).

Hendra menjelaskan pembayaran tersebut sesuai dengan perjanjian jual beli yang diteken pada 1 Oktober 2021. Berdasarkan perjanjian tersebut, pembayaran transaksi dilakukan 14 hari setelah penandatanganan jual beli.

Sementara, Hendra menyatakan 100 persen saham CTP kini dikempit oleh API. Sebelumnya, API hanya menggenggam 45 persen saham di CTP.

“Divestasi ini juga menurunkan jumlah utang perusahaan sebesar Rp5,8 triliun sebagai efek dekonsolidasi,” kata Taufik.

Diketahui, Tol Cibitung-Cilincing memiliki panjang 34 km. Ruas ini bagian dari Tol Lingkar Luar Jakarta 2 yang akan menyambung dengan Tol Cimanggis-Cibitung di bagian selatan dan Tol Akses Tanjung Priok bagian Utara.

Sebelumnya, Waskita Karya melalui WTR telah melepas kepemilikan tol di tiga BUJT dengan nilai mencapai Rp4,4 triliun. Hal itu terdiri dari pelepasan saham pada PT Jasamarga Kualanamu Tol, PT Jasamarga Semarang Batang, dan PT Cinere Serpong Jaya.[prs]

 

  • Bagikan