Usai Jatim, Kini PWNU Sumsel Juga Dukung Gus Yahya Jadi Ketum PBNU

  • Bagikan
Usai Jatim, Kini PWNU Sumsel Juga Dukung Gus Yahya Jadi Ketum PBNU
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Selatan menyatakan dukungannya bagi Katib Aam Yahya Cholil Staquf agar terpilih dalam bursa Ketua Umum PBNU di Muktamar Lampung yang digelar Desember 2021 mendatang.

Dukungan itu diutarakan dalam silahturahmi dan temu kangen PWNU dan PCNU se-Sumatera Selatan di Batiqa Hotel, Kamis (7/10) lalu.

Ketua PWNU Sumsel, Amiruddin Nahrawi awalnya sempat menanyakan apakah PCNU 17 Kabupaten-Kota se-Sumsel sepakat mendukung Yahya untuk menggantikan posisi Said Aqil Siradj. Pertanyaan itu lantas disambut oleh para Ketua Pengurus Cabang dengan kata sepakat mendukung.

“Alhamdulilah, tadi kita sama-sama mendengarkan dukungan PCNU di Sumsel mendukung dan mendoakan Gus Yahya pada Muktamar nanti,” kata Amiruddin dalam keterangan resminya yang dikutip di situs resmi PWNU Sumsel, Rabu (13/10).

Hadir pula dalam kesempatan itu secara virtual, Yahya Cholil Staquf. Yahya menyampaikan permohonan maaf belum bisa hadir secara langsung. Namun ia berjanji bakal datang ke Palembang.

Yahya pada kesempatan itu menceritakan kembali sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama, 31 Januari 1926 lalu. Baginya, NU menuju abad baru ini sangat butuh semangat pembaharuan untuk membangkitkan Nahdlatul Ulama.

“Dan bila diberi amanah, saya akan membawa kebangkitan NU dengan semangat perubahan. Dan saya mohon doa dan dukungan kalian semua,” kata Yahya.

Di kesempatan yang sama, salah satu tokoh NU Nusron Wahid berkeyakinan bahwa Yahya bisa membawa perubahan NU. Nusron juga menceritakan sosok Yahya yang berasal dari Rembang Jawa Tengah dan dilahirkan dari seorang ayah seorang kiai tersohor NU Cholil Bisri.

Nusron menilai bila sosok Yahya merupakan salah satu sosok yang bisa memimpin NU di era perkembangan zaman.

“Mari sama – sama kita ijtihad memilih pemimpin yang mempunyai konsep membawa perubahan. Yakinlah Gus Yahya mampu menjawab tantangan di massa yang akan datang,” kata Nusron.

Muktamar NU ke-34 akan digelar pada 23-25 Desember 2021. Sejumlah nama digadang-gadang masuk dalam bursa calon ketua umum PBNU. Mereka di antaranya Ketum PBNU saat ini Said Aqil Siraj, Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf, Ketua PWNU Jaktim Marzuki Mustamar.[prs]

  • Bagikan
Loading...