Polemik Celeng Vs Banteng, Ini Respon Cs Jokowi FX Rudy

  • Bagikan
Polemik Celeng Vs Banteng, Ini Respon Cs Jokowi FX Rudy
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo membandingkan deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 dengan pencalonan Gibran Rakabuming Raka saat maju pada pemilihan Wali Kota Solo 2019.

Hal itu ia sampaikan menanggapi pernyataan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto yang menyebut pendukung Ganjar sebagai barisan celeng.

Menurut Rudy, deklarasi dukungan untuk Ganjar di Pilpres 2024 merupakan aspirasi masyarakat akar rumput. Namun, ia memastikan kader PDIP pada akhirnya akan patuh pada keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Solo kan sudah pernah mengalami,” katanya saat dihubungi, Sabtu (16/10).

Kala itu, PDIP Solo sempat bergejolak menjelang Pilkada 2019. DPC PDIP Solo mengusulkan pasangan calon tunggal Achmad Purnomo-Teguh Prakosa kepada DPD PDIP Jawa Tengah dan DPP PDIP.

Namun beberapa bulan menjelang pendaftaran, nama Putra Presiden Joko Widodo, Gibran menyatakan bakal maju pada Pilkada Solo melalui PDIP.

Gibran yang mendaftar melalui DPD PDIP Jawa Tengah dipasangkan dengan Teguh Prakosa setelah mendapat rekomendasi dari Megawati.

“Ketika Ketua Umum memutuskan Mas Gibran dan Pak Teguh, hukumya wajib bagi PDIP untuk memenangkan. Sama seperti besok 2024. Enggak perlu diributkan,” katanya.

Rudy sendiri menganggap lumrah deklarasi dukungan untuk Ganjar yang dilakukan sejumlah kader PDIP di Purworejo beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan para petinggi PDIP tidak perlu terlalu reaktif dengan kader akar rumput yang menyampaikan aspirasi. Rudy mengingatkan sikap tersebut justru akan semakin meningkatkan tensi politik di internal PDIP.

“Saya berharap tidak perlu diperpanjang terus. Karena yang deklarasi tidak hanya pendukung Ganjar kok. Mbak Puan juga deklarasi,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka merespons positif pernyataan Rudy tersebut. Menurutnya, pernyataan Rudy bisa menyejukkan suasana partai yang tengah memanas.

“Saya rasa statement yang dikeluarkan Pak Rudy ini sangat menyejukkan. Kemarin agak panas,” katanya.[prs]

  • Bagikan