Pengamat: Jika Gagal dengan Puan, Prabowo Bisa Gaet Sandi Atau Anies untuk Pilpres 2024

  • Bagikan
Pengamat: Jika Gagal dengan Puan, Prabowo Bisa Gaet Sandi Atau Anies untuk Pilpres 2024
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto hanyalah satu dari beberapa nama yang diprediksi maju ke bursa pemilu presiden 2024. Pasalnya ada beberapa nama potensial lainnya yang sekarang beredar yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Tapi membicarakan Prabowo, seorang menteri berlatar belakang politikus yang dua kali kalah dalam perhelatan pilpres, selalu menarik.

Analis politik dari lembaga Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyebut opsi memasangkan Prabowo dengan Sandiaga Uno atau Anies Baswedan (jika Anies tidak maju sendiri) bisa saja diambil jika Gerindra gagal kawin politik dengan PDI Perjuangan atau memasangkan dengan Puan Maharani.

“Misalnya Prabowo sama Puan nggak ketemu, nggak jadi ini koalisi, peta koalisi nggak jadi, maka Pak Prabowo tentu akan mencari tambahan kursi. Apakah akan tengok ke PKS, tapi tidak mengambil kader PKS, kembali mengambil Sandi atau mengambil Anies,” kata Pangi diskusi dialektika demokrasi bertajuk ‘Membaca Peta Koalisi dan Potensi Kontestasi 2024’ di Media Centre DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/10).

Puan seorang menteri berlatar belakang politikus PDI Perjuangan. PDI Perjuangan merupakan partai yang memimpin koalisi untuk memenangkan pasangan Joko Widodo. Puan hampir selalu masuk dalam survei calon presiden dan wakil presiden potensial.

Berbicara mengenai elektabilitas, menurut Pangi, tingkat keterpilihan Prabowo — kemudian jika dia dipasangkan dengan Sandiaga atau Anies — sudah tinggi dalam berbagai survei terbaru.

Ini masih bicara tentang Prabowo, belum potensi sejumlah kandidat lain yang elektabilitasnya lebih tinggi.[prs]

  • Bagikan