Pelaku UMKM di Jambi Dapat Bantuan Fasilitas untuk Mengemas Nanas

  • Bagikan
Pelaku UMKM di Jambi Dapat Bantuan Fasilitas untuk Mengemas Nanas
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bapeltan Provinsi Jambi memberikan bantuan dan fasilitasi pengemasan produk olahan buah nanas bagi pelaku UMKM di kawasan agrowisata Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Penanggung Jawab Kegiatan Hilirisasi Inovasi Produk Nanas Tangkit BPTP Jambi Desy Nofriati mengatakan, bantuan fasilitas kemasan produk nanas itu merupakan bagian dari program pendampingan pengembangan produk hilir dari sentra buah nanas di Desa Tangkit Baru.

“Fasilitas pengemasan ini untuk mendukung produk hilir produk nanas, baik untuk produk kering maupun nanas segar. Sehingga ke depan produk nanas dari sini memiliki kemasan yang bisa untuk oleh-oleh pengunjung,” kata Desy, Kamis (21/10).

Alat dan bahan kegiatan pendukung UMKM produk turunan Nanas Tangkit Baru itu diserahkan di Balai Desa Tangkit baru.

Sejumlah bahan dan alat yang diserahkan itu berupa kemasan oleh-oleh untuk semua varian olahan yang telah dihasilkan, gelas plastik mendukung pengembangan produk olahan cairan dan kemasan plastik mendukung produk segar nanas.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan pemasangan atau perakitan rangka display inovasi produk dan gerbang dengan mengedepankan desain “open space” yang terintegrasikan dengan kawasan agrowisata nanas oleh anggota tim Ekraf dan Penjabat Kegiatan Hilirisasi yang didampingi oleh Sekretaris Desa Tangkit Baru.

“BPTP memfasilitasi pembangunan ruang display untuk produk nanas Tangkit ini, lagi proses dan diharapkan ke depan dapat berguna untuk para pelaku usaha di sana,” kata Desy.

Direncanakan proses perakitan rangka hingga keseluruhan desain display dan area display dapat diselesaikan Bulan November 2021.

“Semoga dukungan ini memberi manfaat bagi percepatan hilirisasi inovasi produk nanas Tangkit,” katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, pengembangan produk nanas Tangkit yang merupakan komoditas unggulan di Jambi itu saat ini melibatkan berbagai pihak yang saling bersinergi.

Selain BPTP Jambi, institusi lain yang ‘mengeroyok’ potensi Provinsi Jambi itu antara lain Bank Indonesia, Pemprov Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Universitas Jambi serta beberapa lembaga lainnya.

“Kita keroyok secara positif untuk mendukung pengembangan produk nanas Tangkit ini. Potensinya luar biasa besarnya,” kata Desy yang juga peneliti BPTP Jambi itu

  • Bagikan