Pangi Sarwi Prediksi Pilpres 2024 Ada 3 Poros Calon dengan 3 King Maker

  • Bagikan
Pangi Sarwi Prediksi Pilpres 2024 Ada 3 Poros Calon dengan 3 King Maker
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Direktur Survei Voxpol Center dan Consulting Pangi Sarwi Chaniago mengungkapkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaganya, akan ada tiga poros capres dengan masing-masing king maker di Pilpres 2024.

“Jadi ada kemungkinan tiga king maker di Pilres 2024 nanti,” kata Pangi Sarwi dalam diskusi dialektika demokrasi bertajuk ‘Membaca Peta Koalisi dan Potensi Kontestasi 2024’ di Media Centre DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/10).

Pangi menjelaskan poros capres pertama itu adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto atau Menteri BUMN Erick Thohir. “Nah siapa yang akan jadi king makernya, dugaan saya itu Jokowi,” ungkap Pangi.

Sementara untuk poros kedua, Pangi memprediksi adalah poros PDIP dengan pasangan Ketum Gerindra Prabowo Subianto-Puan Maharani yang king makernya Megawati Soekatno Putri. Kendati demikian, pengamat politik ini merasa hal itu perlu kroscek lebih mendalam.

“Soalnya tidak semua kader PDIP mau kadernya hanya sebagai cawapres. Bagaimana posisinya mau balikan posisi, antara posisi capres dan cawapres ini belum ketemu, sementara Prabowo nyaman dengan PDIP,” jelasnya.

Untuk poros ketiga itu ada dari pasangan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang king makernya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

‘Pendukungnya partai pengusung PKS dan Demokrat mungkin tambah satu partai papan tengah atau satu partai. Kalau satu partai papan atas agak sulit,” jelas Pangi.

Lebih lanjut Pangi menjelaskan, simulasi 3 poros ini masuk akal dengan kalkulasi hitung-hitungannya matematika politiknya adalah 20 persen.

“Tapi Ganjar maupun Anies harus mendapat tiket dari partai pengusung karena keduanya bukan penentu di partai,” tukasnya.[prs]

 

  • Bagikan
Loading...