Meski Sudah Ditetapkan Jadi Tuan Rumah, PDIP Tetep Kekeh Tolak Pelaksanaan Formula E 2022

  • Bagikan
Meski Sudah Ditetapkan Jadi Tuan Rumah, PDIP Tetep Kekeh Tolak Pelaksanaan Formula E 2022
Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengkritik kepastian penyelenggaraan Formula E di Jakarta. PDIP menilai penyelenggaraan ajang balap mobil listrik di Ibu Kota terlalu memaksakan.

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan sikap Pemprov yang bersikeras menyelenggarakan Formula E walau harus menentang aturan UU, rekomendasi BPK agar kaji ulang, kondisi Covid dalam status PPKM, dan keperluan masyarakat akan UMKM, sangat memprihatinkan.

“Pemilihan GBK sudah ditolak pada 2019-2020 yang lalu, pemilihan pulau reklamasi yang dinyatakan BRIN memiliki masalah penurunan permukaan tanah, di samping pohon di Monas yang sudah digunduli, membuat tanda tanya besar kenapa (Formula E) harus dipaksakan, tanpa kajian dan tidak pro lingkungan,” kata Gilbert saat dihubungi, Sabtu (16/10).

Menurut Gilbert, Jakpro selaku promotor Formula E di Jakarta tidak terbuka soal isi perjanjian dengan pihak Formula E.

Ia mengatakan seharusnya ini semua dapat dijawab terbuka dengan resmi di Paripurna DPRD dengan interpelasi yang diajukan DPRD.

Diketahui, beberapa waktu lalu Fraksi PDIP dan PSI sepakat mengajukan interpelasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai penyelenggaraan Formula E.

“Dengan majunya FE [Formula E] ini, maka interpelasi akan tetap diajukan agar semua jelas dan rakyat tidak dirugikan,” ujar dia.

Jakarta resmi jadi tuan rumah Formula E 2022. Keputusan itu ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, Jumat (15/10).

Forum tersebut turut meratifikasi kalender balapan musim ke-8 tahun 2021/2022 mendatang.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.[prs]

  • Bagikan