Menkes Klaim Capaian Vaksinasi Dosis Pertama Indonesia Terbanyak ke-5 di Dunia

  • Bagikan
menkes
Menkes Budi Gunadi Sadikin /Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah capaian vaksinasi Covid-19 terbanyak kelima di dunia usai 94 juta orang di Indonesia menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Beberapa waktu lalu, Indonesia bertengger di posisi keenam. Saat ini, Indonesia menyalip capaian vaksinasi Covid-19 Jepang dari sisi jumlah orang yang telah disuntik.

“Indonesia ada di ranking kelima dunia, kita naik satu tingkat karena menyusul Jepang yang ada di kisaran 80-an juta orang,” kata Budi dalam jumpa pers via kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/10).

Dari segi jumlah dosis yang telah dipakai, Indonesia menempati urutan keenam. Budi menyebut 148 juta dosis vaksin Covid-19 telah digunakan Indonesia sejak Januari 2021.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu berkata Indonesia sudah menerima 222 juta dosis vaksin Covid-19 hingga saat ini. Ia mengklaim stok vaksin Covid-19 Indonesia memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Total stok ada di kita di kisaran 70 jutaan, masih cukup banyak. Kita terus membicarakan bagaimana percepatan vaksinasi ini,” ujar Budi.

Jika merujuk situs Johns Hopkins University & Medicine, Indonesia menempati urutan ketujuh capaian vaksinasi Covid-19. Berbeda dengan Pemerintah Indonesia, situs itu hanya menghitung jumlah orang yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Johns Hopkins University & Medicine mencatat Indonesia berada di urutan keenam dalam soal jumlah dosis vaksin Covid-19 yang telah terpakai. Jika dilihat dari sisi presentase populasi yang sudah divaksin, Indonesia berada di posis ke-103 dengan capaian 19,33 persen populasi.[prs]

  • Bagikan