KPK Bakal Lelang Tanah Rampasan Perkara Korupsi Eks Wali Kota Madiun

  • Bagikan
kpk
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri. (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang, Jumat (5/11/2021) akan lelang tanah yang merupakan barang rampasan dari perkara korupsi eks Wali Kota Madiun Bambang Irianto.

“KPK melalui KPKNL Malang akan melaksanakan lelang eksekusi barang rampasan berdasarkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Surabaya Nomor: 53/Pid.Sus/TPK/2017/PN.Sby tanggal 22 Agustus 2017 atas nama Bambang Irianto yang telah berkekuatan hukum tetap,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

Bambang Irianto telah divonis 6 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 4 bulan kurungan karena terbukti melakukan korupsi proyek Pasar Besar Madiun, yakni menerima gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang selama periode 2009-2016.

Adapun objek yang lelang, yaitu sebidang tanah dan bangunan di Perumahan Greenland Gajahmada Blok B-12 Desa Kwadungan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dengan luas 105 meter persegi, sertifikat Hak Guna Bangunan 366 atas nama PT Sukses Asli Perkasa dengan harga limit Rp532.856.000 dan peserta lelang diwajibkan memberikan uang jaminan Rp107.000.000.

Ali mengatakan waktu pelaksanaan lelang pada Jumat (5/11) waktu server sesuai WIB dengan cara penawarannya menggunakan metode “closed bidding” dengan mengakses https://www.lelang.go.id.

“Lelang dilaksanakan dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet (e-auction) dengan metode “closed bidding,” tutur dia.

Selanjutnya, batas akhir penawaran Jumat (5/11/2021) pukul 14.00 waktu server aplikasi lelang sesuai WIB, penetapan pemenang lelang setelah batas akhir penawaran, bea lelang pembeli 2 persen dari harga lelang, dan tempat pelaksanaan lelang di KPKNL Malang Jalan S Supriyadi Nomor 157, Kota Malang, Jawa Timur. (ndi)

  • Bagikan