Kepala Lapas Sibolga Benarkan Eks Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang Meningga Dunia Karena Darah Tinggi

  • Bagikan
Kepala Lapas Sibolga Benarkan Eks Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang Meningga Dunia Karena Darah Tinggi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) periode 2011-2016, Raja Bonaran Situmeang, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum (RSU) Metta Medika Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (22/10) sekira pukul 11.30 WIB. Ia disebut-sebut meninggal dunia karena penyakit tekanan darah tinggi yang deritanya.

“Iya, info seperti itu. Baru saja (meninggal dunia),” kata Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Klas IIA Sibolga, Rian Firmansyah, menjawab wartawan terkait kabar duka itu.

Almarhum diketahui selama ini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sibolga. Ada dua kasus hukum yang harus dijalaninya dalam penjara itu dengan masa hukuman seluruhnya 7 tahun 8 bulan.

Selama di Lapas Sibolga, almarhum disebut-sebut menderita penyakit tekanan darah tinggi dan tiba-tiba penyakitnya ini kambuh, sehingga ia terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Pandan dan kemudian dirujuk ke RSU Metta Medika Sibolga untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Namun nahas, ajal menjemputnya di rumah sakit milik swasta tersebut.

“Rencananya, jenajah almarhum akan dibawa dan disemayamkan di rumah duka di Desa Gonting Mahe, Kecamatan Sorkam, Tapteng. Almarhum juga akan dikebumikan di Desa Gonting Mahe, kata Hasrun Pandiangan, salah seorang kerabat almarhum kepada wartawan di RS Metta Medika, Sibolga.

Sebelum menjajal peruntungan di Ibu Kota, almarhum penyandang gelar Sarjana Hukum (SH) dari Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, dan Magister Hukum (MH) dari Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta dan pernah menangani kasus Anggodo ini pernah bekerja sebagai loper koran karena ekonomi keluarganya tengah terpuruk. Hal itu dilakuka almargum setelah lulus dari SMP Fatima dan SMA Katolik di Sibolga.

Almarhum kelahiran 7 Desember 1962 ini pertama kali terjun di dunia politik setelah pada tahun 2011 ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tapteng. Almarhum saat itu berpasangan dengan Syukran Jamilan Tanjung dan diusung oleh Partai Golkar, PDIP, dan Hanura.

Pasangan Bonaran dan Syukran menang hingga 62 persen suara. Pasangan ini dilantik sebagai Bupati/Wakil Bupati Tapteng periode 2011-2016.(Jhs)

  • Bagikan