Inilah Kendaraan Tempur Canggih Buatan Indonesia, Bisa Deteksi Suara Tembakan

  • Bagikan
Inilah Kendaraan Tempur Canggih Buatan Indonesia, Bisa Deteksi Suara Tembakan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Indonesia terus memperkuat armada tempur untuk menjaga keamanan negara. Terbaru, Indonesia menghadirkan kendaraan rantis off road yang bisa menjelajah berbagai medan.

Mobil rantis TNI AD ini bernama Atav P6 dikembangkan dan dirakit PT Pindad. Momen peluncuran armada mobil tempur tersebut dibagikan melalui Channel YouTube TNI AD, Rabu (13/10/2021).

Tampak bentuk, desain, tampilan yang gagah, serta fitur penunjang untuk mobiliasasi pelatihan para prajurit TNI.

Bagaimana spesifikasinya? Mobil tempur ringan ini memiliki mekanisme dan pola pengendalian berbeda dengan kendaraan biasa. Mobil tempur Atav P6 dilengkapi tiga tombol terpisah terdiri atas power cut off, power switch dan ignition starter yang harus dilakukan secara berurutan. Jika terbalik mesin tidak akan menyala.

Dari segi desain, mobil ini tampak basic namun rangka tubularnya terlihat gagah dan berkarakter. Tampilan body mobil berasal dari panel-panel keras dirancang tanpa pintu dan atap terbuka.

Bagian depan menghadirkan lampu utama dan sein berbentuk bulat dipadukan dengan besi protektor pada bagian depan lengkap dengan winch.

Tidak ada satupun desain mewah, seperti jahitan kulit serta panel soft touch pada mobil ini. Hanya ada jok bucket seat 5 unit lengkap dengan sabuk pengaman 4 titik.

Jok tersebut didistribusikan pada baris depan, tengah dan baris ketiga. Ini dikarenakan Atav P6 dirancang untuk durabelitas tinggi dan mempertahankan unsur ketahanan. Kendaraan ini dirancang untuk kebutuhan offroad dengan suspensi sangat empuk.

Armada tempur ini juga dilengkapi fitur Gun Shot Detaction yang berfungsi mendeteksi suara tembakan, suara ledakan, sumber arah suara. Selanjutnya, akan dikontrol dan muncul pada panel instrumen yang terletak di sebelah kiri penumpang. (Din)

 

  • Bagikan
Loading...