Ini Alasan Mengapa Kucing Takut pada Timun

  • Bagikan
Ini Alasan Mengapa Kucing Takut pada Timun
image_pdfimage_print

“Kucing akan menunjukkan respon terkejut atau bahkan ketakutan saat ditakuti dengan timun. Tindakan ini tentu tidak boleh dilakukan karena dapat meningkatkan stres dan kecemasan pada kucing. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan yang dapat menjadi penyebab kucing takut pada mentimun. Salah satunya kucing merasa bahwa bentuk timun mirip dengan ular.”

 

Realitarakyat.com – Mentimun adalah salah satu buah yang digemari manusia karena rasanya yang menyegarkan. Selain itu, mentimun juga dapat dimakan langsung, menjadi lalapan atau pelengkap saat makan, hingga dijadikan jus. Akan tetapi, sepertinya ada satu hewan yang nampaknya kurang menyukainya, yaitu kucing.

Hal tersebut dapat terlihat dari reaksi kucing yang terkejut atau bahkan ketakutan saat ditakuti dengan timun. Kejadian ini bisa kamu lihat melalui beberapa video viral di dunia maya. Video-video tersebut menampilkan tindakan seseorang meletakkan timun di belakang kucing secara diam-diam.

Meski beberapa kucing tidak menunjukan rasa takut saat melihat timun, sebagian besar kucing menunjukkan respon sebaliknya. Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan kucing takut pada timun? Ketahui penjelasannya di sini!

Amankah Menakut-nakuti Kucing dengan Mentimun?
Sebelum membahas penyebabnya, ada baiknya untuk mengetahui risiko yang dapat terjadi bila menakuti kucing dengan timun. Ketika kamu sedang merasa penat atau stres, melihat tingkah kucing yang jenaka sangatlah menghibur.

Akan tetapi, menakut-nakuti kucing untuk hiburan tidaklah menyenangkan bagi kucing. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan kucing stres dan merasakan kecemasan yang tinggi.

Tanda-tandanya dapat dilihat dari reaksi kucing yang menunjukan respon tubuh yang gemetar dan agresi. Selain itu, kucing juga dapat mengalami masalah kesehatan seperti muntah, diare, hingga bulu yang rontok akibat stress yang dirasakannya.

Bila kucing merasa stres atau terancam, maka mereka akan mencari jalan keluar untuk kabur secepat mungkin. Hal ini dapat berisiko menimbulkan cedera fisik pada kucing, saat mereka melompat atau kabur dan menabrak sesuatu.

Mengapa Kucing Takut Mentimun?
Merujuk pada penjelasan dari American Association of Feline Practitioners, kucing memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat tinggi. Kucing juga sangat peka terhadap sekelilingnya, jadi kemunculan tiba-tiba dari objek acak dapat membuat mereka ketakutan.

Oleh sebab itu, seekor kucing bisa saja merasa takut saat melihat timun karena beberapa alasan, antara lain:

Merasakan Adanya Penyusup
Kucing adalah hewan yang sangat teritorial, terutama pada makanan mereka. Bila timun diletakkan diam-diam saat kucing saat sedang makan dapat membuatnya berpikiran bahwa timun tersebut ingin mencuri makanannya. Alhasil, seekor kucing melihat mentimun tersebut sebagai sebuah ancaman.

Bila kucing dihadapkan pada situasi yang mengancam, kucing akan meresponnya dengan ketakutan dan kecemasan. Alhasil, kucing dapat menunjukan beberapa bahasa tubuh yang naluriah ketika dikejutkan oleh kehadiran mentimun.

Misalnya seperti melompat secara tiba-tiba, atau bahkan sebaliknya yaitu diam di tempat dengan bulu berdiri.

Timun Terlihat Mirip dengan Ular
Meskipun kucing peliharaan masih bersifat predator, tapi masih ada beberapa hewan pemburu yang dapat memangsa kucing. Misalnya seperti burung pemangsa, anjing hutan, hingga hewan reptil seperti ular.

Melansir dari Hills Pet, beberapa ahli berpikiran bahwa kucing menganggap timun adalah ular saat melihatnya. Akan tetapi, tidak semua ahli percaya akan pemikiran tersebut. Sebab, bisa jadi kucing akan menunjukan respons yang sama terhadap benda apapun yang diletakkan diam-diam di belakang mereka.

Pakar hewan memperingatkan untuk sebaiknya tidak melakukan hal tersebut atau menguji benda-benda lain, untuk melihat apakah kucing akan ketakutan.

Menakut-nakuti kucing secara sengaja adalah hal yang tidak perlu untuk dilakukan. Sebab, tindakan tersebut dapat membuat kucing stres dan membahayakan kesehatan mereka.

Apapun alasannya, menakut-nakuti kucing dengan benda-benda tertentu adalah tindakan yang tidak boleh dilakukan. Pasalnya, kucing dapat mengalami stres berkepanjangan.

Maka dari itu, perlakukanlah hewan peliharaanmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain. Berikanlah perhatian lebih kepada kucingmu, ajaklah kucing bermain, dan usaplah tubuhnya secara rutin.

Kamu juga dapat memberikan makanan kucing yang lezat dan memiliki kandungan nutrisi seimbang, agar kesehatan kucing dapat terjaga. (*)

 

 

sumber: halodoc

  • Bagikan
Loading...