Gubernur Kalsel Bersyukur Dapat Proyek Stategis yang Berdampak ke Ekonomi

  • Bagikan
Gubernur Kalsel Bersyukur Dapat Proyek Stategis yang Berdampak ke Ekonomi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dalam beberapa tahun terakhir provinsi ini mendapatkan beberapa proyek pembangunan strategis dan membawa dampak perekonomian cukup besar bagi daerah.

Menurut Gubernur usai mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke beberapa daerah di Kalimantan Selatan Kamis, beberapa infrastruktur strategis tersebut antara lain Bandara Syamsudiin Noor Banjarbaru, Bendungan Pipitak Jaya di Kabupaten Tapin.

Terakhir yang diresmikan hari ini adalah Jembatan Sungai Alalak yang menghubungkan jalan di Trans Kalimantan Selatan – Kalimantan Tengah.

“Saya sampaikan terimakasih kepada Bapak Presiden dan jajaran atas perhatian besar untuk kemajuan Kalsel,” katanya, Kamis (21/10).

Dikatakan, bantuan pemerintah itu merupakan salah satu wujud komitmen dan kepedulian Presiden Jokowi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kepala daerah kepala daerah sebelumnya, termasuk Bupati/Wali Kota dan masyarakat yang juga berjasa berkarya untuk daerah,” kata Sahbirin.

Disebutkan, pengembangan Bandara Syamsuddin Noor, Bendungan Tapin dan pembangunan Jembatan Alalak merupakan anugerah bagi Kalsel.

Pasalnya, infrastruktur tersebut memberikan multi manfaat luar biasa, antara lain, kelancaran arus transportasi, peningkatan sektor pertanian, juga mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

Jembatan Alalak misalnya infrastruktur tersebut sebagai urat nadi lalu lintas jalur penghubung Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan, serta Provinsi Kalimantan Tengah via Jalan Trans Kalimantan. Dikatakan Gubernur, keberadaan jembatan diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi kawasan dan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan Jalan Lintas Kalimantan berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan di sekitarnya.

Infrastruktur lain seperti Bendungan Tapin, lanjut gubernur berfungsi sebagai penampungan air, rigasi pertanian, cadangan air baku, dan pariwisata.

Sementara itu terkait Jembatan Sungai Alalak Presiden berharap kehadiran jembatan ini akan memperkuat konektivitas antar wilayah di Kalsel.

Selain itu, memperlancar arus transportasi, mengefisienkan biaya logistik, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya serta menciptakan sentra ekonomi baru.

“Saya berpesan agar setelah diresmikan jembatan ini dimanfaatkan sebaik baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan produktif masyarakat, sehingga dampaknya betul betul dirasakan masyarakat,” katanya.

  • Bagikan