Cegah Lonjakan Harga, Pemkab Banjarnegara Plototi Stok Bahan Pokok

  • Bagikan
Cegah Lonjakan Harga, Pemkab Banjarnegara Plototi Stok Bahan Pokok
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah akan mengintensifkan pemantauan ketersediaan atau stok bahan pokok guna mencegah terjadinya lonjakan harga menjelang periode Natal dan Tahun Baru.

“Melihat siklus tahunan menjelang Natal dan Tahun Baru sering terjadi gejolak kenaikan harga kebutuhan pokok, maka antisipasi harus dilakukan,” kata Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Rabu (13/10).

Dia menjelaskan, kenaikan harga bahan pokok biasanya terjadi karena tingginya permintaan dan konsumsi masyarakat pada momen perayaan hari besar.

“Untuk mengatasi hal tersebut Tim Pemantau Inflasi Daerah untuk mempersiapkan berbagai program strategis guna menjaga harga bahan pokok agar tetap stabil dan tidak mengalami gejolak harga,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi guna membahas berbagai upaya yang diperlukan guna mencegah fluktuasi harga yang signifikan.

“Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga yang terjangkau, untuk itu perlu mengintensifkan pemantauan harga pasar,” katanya.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk bijak berbelanja dengan membeli barang-barang sesuai kebutuhan,” katanya.

Sementara itu, akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr. Abdul Aziz Ahmad mengingatkan pentingnya menjaga kelancaran distribusi bahan pangan guna mencegah lonjakan harga.

“Pada masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting memastikan tidak ada gangguan pasokan produk bahan pangan khususnya yang berkontribusi penting pada inflasi seperti contohnya beras,” katanya.

Korprodi Program Doktor Ilmu Ekonomi FEB Unsoed tersebut menambahkan kelancaran distribusi bahan pangan juga perlu dipastikan guna mencegah kelangkaan barang yang diakibatkan oleh kenaikan konsumsi.

“Karena itu kelancaran distribusi atau pasokan produk bahan pangan ini menjadi sangat penting,” katanya.

Dia juga mengingatkan mengenai pentingnya memperpendek rantai distribusi produk bahan pangan dan perlunya langkah antisipasi guna mencegah adanya penimbunan bahan pokok.

“Terkait hal ini sangat perlu peran instansi terkait dalam menjaga pasokan produk bahan pangan,” katanya.

  • Bagikan
Loading...