Berikut Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Tanpa Perlu ke Dokter dan Minum Obat

  • Bagikan
Berikut Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Tanpa Perlu ke Dokter dan Minum Obat
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Cara mudah mengobati gusi bengkak secara alami tanpa perlu minum obat apalagi harus pergi ke dokter, Sama seperti gigi, gusi juga perlu dirawat supaya tetap sehat. Biasanya, gusi bengkak jadi tanda kesehatan gusi tak terawat.

Untuk mengatasi hal ini, cara mengobati gusi bengkak perlu segera Anda praktikkan, gingivitis adalah salah satu faktor umum yang jadi penyebab gusi bengkak.

Namun, tahukah Anda bahwa gusi bengkak terjadi tak hanya karena gingivitis?

Masih banyak faktor lain yang perlu Anda waspadai, mulai dari malnutrisi, kehamilan, hingga kondisi mulut yang kering.

Cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami ini terlebih dahulu, kandungan nutrisi dalam bahan-bahan berikut mampu meredakan peradangan sehingga rasa sakit yang Anda alami akibat gusi bengkak bisa berkurang:

Laman Preferred Dental Care menyebutkan, teh hitam cocok digunakan untuk mengobati gusi bengkak, alasannya, teh hitam mengandung banyak tannin yang berperan sebagai antiinflamasi.

Anda perlu merebus kantung teh hitam selama tiga menit, kemudian diamkan dulu selama beberapa menit sampai suhunya hangat kemudian tempelkan di wajah sekitar gusi bengkak.

Setelah 10 menit, lalu berkumurlah dengan air hangat tersebut.

Lidah buaya

Lidah buaya bisa jadi cara mengobati gusi bengkak, Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah dengan memakai lidah buaya.

Apalagi, jika pembengkakan dibarengi dengan gusi berdarah, maka caranya oleskan gel lidah buaya pada gusi bengkak selama satu sampai dua menit kemudian berkumurlah dengan air hangat.

Garam

Bukan lagi jadi rahasia bila Anda memanfaatkan garam untuk menyembuhkan gusi bengkak.

Mengutip dari Preferred Dental Care, garam mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi gusi. Setelah menyikat gigi, aplikasikan garam pada gusi yang bengkak. Diamkan beberapa saat kemudian berkumurlah dengan air hangat.

Kunyit

Gunakan kunyit sebagai cara mengobati gusi bengkak, cara mengobati gusi bengkak berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memakai kunyit.

Bahan alami itu mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi sehingga efektif mempercepat proses penyembuhan gusi bengkak. Pertama, campur ¼ sdt bubuk kunyit dengan sedikit air.

Caranya aduk rata sampai berbentuk pasta kemudian gosokkan di gusi bengkak secara perlahan, lalu diamkan dulu selama 10 menit sebelum Anda berkumur memakai air hangat.

Selain menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan gigi dan gusi, ya.

Usahakan untuk menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari, memakai obat kumur, benang gigi, atau produk pembersih lain juga bisa Anda coba.(Din)

 

  • Bagikan