Deklarasi Anies Capres, Riza Patria: Hak Warga Negara

  • Bagikan
riza
Wagub DKI Ahmad Riza Patria/Ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengomentari deklarasi relawan pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Menurut Riza, hal itu merupakan hak warga negara.

“Soal deklarasi, itu hak warga negara untuk berdemokrasi,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/10).

Namun demikian, Riza mengatakan sepengetahuannya, Anies tidak pernah membahas soal pilpres. Selain masih jauh, menurutnya, Anies masih fokus melaksanakan tugas sebagai gubernur.

“Tidak pernah ya menyinggung soal pilpres maupun politik, sekalipun ada kelompok-kelompok yang mencoba mendukung, mendeklarasikan. Tidak hanya Pak Anies ya, saya kira yang lain ada, Pak Ganjar ada, saya kira Ridwan Kamil juga, saya pikir itu hak ya,” katanya.

Sebelumnya, kelompok relawan yang menamakan diri Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Presiden RI pada Pilpres 2024.

Deklarasi tersebut mereka lakukan di Gedung Joang ’45, Cikini, Jakarta Pusat pada Rabu (20/10).

“Kami anak muda dari berbagai komponen siap mendukung Anies Rasyid Baswedan [menjadi] Presiden 2024. Anies for presiden,” kata Koordinator ANIES, La Ode Basir di lokasi deklarasi.

Relawan mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan agar menjadi presiden pada Pilpres 2024. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, acara deklarasi ini dihadiri oleh puluhan relawan Anies. Meski begitu, Anies tidak menghadiri acara deklarasi ini.

Nama Anies diketahui hampir selalu berada di posisi tiga besar dalam beberapa hasil survei elektabilitas capres 2024.

Terbaru, berdasarkan survei Litbang Kompas pada 26 September hingga 9 Oktober 2021 dinyatakan Anies memiliki elektabilitas sebesar 9,6 persen.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kalah dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berada di peringkat satu dan dua dengan perolehan elektabilitas sejajar, yakni 13,9 persen.[prs]

  • Bagikan