Aboe Bakar Dukung Sikap Tegas Kapolri Tingkatkan Kedisiplinan Anak Buahnya

  • Bagikan
aboe
Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsy/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al-Habsy mendukung sikap tegas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam meningkatkan kedisiplinan personel di tengah maraknya sejumlah oknum kepolisian yang indisipliner belakangan ini.

“Ketika terjadi dinamika oknum Polri yang bertindak negatif, maka sudah tepat Kapolri hadir sebagai figur pemimpin yang kuat dalam meningkatkan kedisiplinan anak buah,” kata Aboe Bakar dalam rilis yang diterima media, Jumat (29/10).

Pernyataanya Habib Aboe sapaan Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, menanggapi sejumlah tindakan yang dilakukan oknum Polri di luar batas kewajaran akhir-akhir ini.

DPR, dalam hal ini Komisi III, lanjut Habib Aboe, mendukung sikap tegas Kapolri. Ketika banyak dinamika oknum Anggota yang negatif, memang diperlukan kepemimpinan yang kuat agar meningkatkan kedisiplinan personel, saya kira memang itu yang dibutuhkan saat ini.

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu lebih lanjut menyatakan, melalui pesan yang kuat dari Kapolri tersebut maka diharapkan setiap unit kerja dalam tubuh Polri akan lebih mampu mengelola masing-masing personel dengan baik.

“Dengan demikian, akan dapat menghindarkan berbagai peluang oknum kepolisian dari tindakan indisipliner,” sambung Habib Aboe seraya juga mengusulkan dua langkah yang bisa dilakukan Kapolri untuk meminimalisir tindakan indisipliner oknum personel kepolisian.

Pertama, tutur Habib Aboe, dapat dilakukan pembinaan spiritualitas seperti pengajian rutin atau ceramah rohani yang diharapkan dapat bisa meningkatkan integritas dan kinerja masing-masing personel Polri.

Kedua, dapat dioptimalisasi mekanisme pengawasan internal. Sehingga, dapat meningkatkan kepatuhan personel Polri terhadap prosedur dan aturan internal.

“Selain itu, melalui pengawasan internal diharapkan akan bisa meningkatkan kedisiplinan setiap anggota kepolisian. Kepatuhan terhadap prosedur dan kedisiplinan yang tinggi diyakini akan membuat kinerja Polri akan semakin lebih baik lagi,” tutup Legislator dari Dapil Kalimantan Selatan (Kalsel) I ini.[prs]

  • Bagikan