Warga di Perbatasan RI-PNG Peroleh Pengobatan dari Satgas TNI

  • Bagikan
Warga di Perbatasan RI-PNG Peroleh Pengobatan dari Satgas TNI
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Personel kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos KM 140 mendatangi rumah warga di perbatasan RI-PNG dalam rangka memberikan pelayanan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan di Kampung Monggoeffi Lama, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima, Senin mengatakan, tim kesehatan itu mengadakan pelayanan kesehatan keliling dengan cara langsung mendatangi rumah warga.

“Pelayanan kesehatan keliling dipimpin Serda Citto Terna Putra beserta lima personel Pos KM 140 lainnya,” jelas Dansatgas.

Disebutkan Dansatgas, memasuki musim penghujan resiko terkena penyakit semakin tinggi.

“Oleh karena itu, kami akan selalu berusaha memastikan warga-warga binaan seluruh jajaran satgas mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,”ungkap Dansatgas.

Dansatgas Letkol Ade mengatakan kesehatan merupakan hal utama yang harus dijaga agar kita semua dapat beraktivitas dengan baik dan untuk warga dengan kondisi kesehatan yang baik dapat melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Pelayanan kesehatan terhadap warga rutin dilakukan untuk mengetahui dan mencegah secara dini penyakit yang diderita oleh warga, sehingga bisa mencegah kondisi penyakit agar tidak menjadi lebih buruk,” kata Dansatgas.

Diakuinya, dari hasil pemeriksaan kesehatan sebagian besar warga mengalami batuk, pilek, demam dan juga gatal-gatal pada bagian kaki, sela-sela jari maupun punggung, hal itu terjadi mengingat udara yang lembab akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Kepada masyarakat kami juga berpesan serta mengajak warga untuk selalu menjaga kesehatan secara rutin dengan rajin berolahraga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta segera berobat apabila merasakan gejala sakit atau merasa tidak enak badan,” kata Dansatgas.

Sementara itu, Kepala Suku (Ondoafi) Kampung Monggoeffi Damianus Onangge mengungkapkan, kegiatan layanan pengobatan dari Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403 sangat membantu masyarakat dan manfaatnya juga dapat langsung dirasakan warga kampung terutama yang mengalami gejala sakit yang belum kunjung sembuh.

“Kami sangat senang sekali bapak-bapak TNI Pos KM 140 datang ke kampung kami dan telah kasih bantu obati warga yang sakit serta mau berbagi pengetahuan bagaimana cara agar bisa hidup sehat,” ujarnya. (ndi)

  • Bagikan