Connect with us

Olahraga

Walau di Tengah Pandemi, Kegiatan Olahraga harus Tetap Berjalan

Diterbitkan

Pada

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (PB Perbakin), Firtian Judiswandarta (ist/net/dok. media indonesia)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (PB Perbakin), Firtian Judiswandarta mengatakan, pandemi COVID-19 menjadi tantangan bagi pengurus cabang olahraga agar lebih kreatif dalam menyelenggarakan kejuaraan atau turnamen.

Dia beranggapan sekalipun di tengah pandemi segala hal menyangkut pembinaan dan prestasi olahraga harus tetap berjalan karena banyak hal tetap bisa dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.

“Kami Perbakin membuat event tidak harus berkumpul semuanya di Lapangan Tembak Senayan. Kita bisa gunakan teknologi seperti kompetisi online,” kata Firtian, seperti dikemukakan kepada Antara, yang dikutip, Kamis (9/9/2021).

“Kita bisa menugaskan juri-juri lokal untuk mengawasi atlet dari daerah masing-masing,” ujar Firtian menambahkan.

Dia menuturkan kompetisi secara daring menguji tingkat sportivitas atlet, seperti kejujuran.

“Kalau atlet tidak jujur dengan kompetisi online, pasti mereka juara terus. Tetapi akan terlihat saat mereka dikumpulkan misalnya dalam pelatnas. Atlet yang tidak jujur akan terlihat dan mereka akan tersingkirkan dengan sendirinya,” kata Firtian.

Selain itu, ketika kompetisi harus bergulir untuk menciptakan kerumunan, penyelenggara harus menerapkan protokol kesehatan ketat agar terhindar dari penyebaran virus corona.

“Masyarakat yang ingin menyaksikan pun harus divaksin. Selain itu, untuk mengantisipasi penularan COVID-19 juga harus tes antigen atau PCR terlebih dahulu sebelum masuk arena lomba,” sambung Firtian.

Dengan tetap menjaga protokol kesehatan ketat, Firtian optimistis kompetisi akan berlangsung dengan aman. Dia menyebut pandemi COVID-19 telah menghadirkan kreativitas baru dalam industri olahraga.

“Bisnis baru buat industri olahraga. Mungkin kalau dilihat dari data perusahaan, yang diuntungkan saat ini yang bergerak pada bidang telekomunikasi yang berkaitan dengan internet dan lainnya. Sekarang kompetisi olahraga ada layanan streaming-nya,” kata dia. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

Pelatih Barcelona Ronald Tak Khawatir dengan Masa Depannya

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Olahraga

Alami Cedera, Thiago Alcantara Bakal Lewatkan Dua Pertandingan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Olahraga

Pemain Persib Dipastikan Masih Bisa Bermain Meski Dipanggil Timnas

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...