Tok! DPR Setujui 7 Nama Hakim Agung Terpilih

  • Bagikan
koalisi
Gedung DPR RI/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – DPR menyetujui 7 nama hakim agung terpilih usai Komisi III DPR RI melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan di rapat paripurna.

Laporan hasil uji kelayakan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir. Komisi III memilih 7 dari 11 calon hakim agung.

“Rapat pleno untuk mendengarkan pandangan fraksi-fraksi guna memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan atau memberikan persetujuan sebagiannya dari 11 calon hakim agung tahun 2021,” kata Adies dalam rapat paripurna DPR, Selasa (21/9/2021).

Adies menjelaskan uji kelayakan dilakukan untuk melihat kemampuan hingga integritas para calon hakim agung. Penetapan hakim agung itu ditetapkan dari musyawarah mufakat.

“Komisi III menyadari kecapakan, kemampuan, integritas di wawasan kebangsaan dan moral calon hakim agung merupakan prasyarat penting untuk menjadi hakim agung pada Mahkamah Agung,” ujarnya.

“Atas dasar kriteria itu komisi III mengedepankan prinsip musyawarah mufakat dan berdasarkan pendapat dan pandangan daei 9 fraksi di komisi III menyetujui sebanyak 7 calon hakim agung,” lanjut Adies.

Pimpinan sidang rapat paripurna, Sufmi Dasco Ahmad, lantas meminta persetujuan seluruh anggota Dewan terhadap 7 calon hakim agung yang telah lolos uji kelayakan.

“Sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang Dewan yang terhormat apakah hasil laporan komisi DPR RI terhadap uji kelayakan calon hakim agung tahun 2021 tersebut dapat disetujui?” ujar Dasco.

“Setuju,” kata seluruh anggota. Dasco pun langsung mengetok palu persetujuan.

Berikut nama calon hakim agung yang disepakati pada tingkat I di Komisi III DPR dan selanjutnya akan disampaikan pada rapat paripurna:

1. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)
2. Jupriyadi, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)
3. Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)
4. Suharto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)
5. Yohanes Priyana, S.H., M.H. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)
6. Dr. H. Haswandir, S.H., M.Hum., M.M. Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata)
7. Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, S.H., M.Kn. (Sebagai Calon Hakim Kamar Militer)
[prs]

  • Bagikan