Tito Klaim 81 Persen Aduan Masyarakat Sudah Dituntaskan Pemerintah

tito

Realitarakyat.com – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengklaim sebagian besar aduan dari masyarakat telah selesai ditangani pemerintah. Ia menyebut 81 persen laporan dan masukan dari masyarakat sudah dituntaskan.

Tito mengakui ada keterlambatan penanganan aduan masyarakat di awal tahun. Namun, masalah itu sudah bisa diatasi lewat instruksi langsung ke seluruh kepala daerah.

“Ini dapat terlihat dari peningkatan presentase penyelesaian tindak lanjut pengaduan pemerintah daerah. Sampai dengan 31 Agustus 2021, menjadi 81,28 persen dari sebelumnya pada bulan Januari hanya sebesar 69,78 persen,” kata Tito dalam penandatanganan nota kesepahaman SP4N-Lapor!, disiarkan kanal Youtube Kemendagri RI, yang dikutip Jumat (10/9/2021).

Tito berjanji akan terus mendorong pemerintah daerah untuk selalu menuntaskan aduan masyarakat. Dia menyebut hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Mantan Kapolri itu mengutip ucapan Jokowi bahwa kritik dari publik penting untuk pemerintah. Oleh karena itu, Tito menyampaikan seluruh jajaran pemerintah, baik daerah maupun pusat, wajib mengelola pengaduan masyarakat secara baik.

“Kritik yang membangun itu sangat penting dan selalu kita jawab dengan penuh tanggung jawab sebagaimana yang diharapkan oleh rakyat,” ucap Tito.

Dalam kesempatan itu, lima menteri dan kepala lembaga menandatangani nota kesepahaman terkait Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-Lapor!). SP4N-Lapor! merupakan aplikasi kanal laporan masyarakat satu pintu.

Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Kepala Staf Presiden Moeldoko, dan Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih.[prs]