Connect with us

Nasional

Terpilih Secara Aklamasi, Arifin Asydhad Pimpin Forum Pemred

Diterbitkan

Pada

Ketua Dewan Pengurus Forum Pemred periode 2021-2024 Arifin Asydhad (ist/net/dok kumparan)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Rapat anggota Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred) memilih Arifin Asydhad sebagai Ketua Dewan Pengurus Forum Pemred periode 2021-2024.

Pemimpin redaksi Kumparan itu, terpilih secara aklamasi menggantikan Kemal E Gani. Pemilihan dilakukan dalam rapat yang dihadiri 54 dari 64 anggota Forum Pemred secara virtual, pada Senin (13/9/2021).

Dalam sambutannya, Asydhad menyampaikan peran Forum Pemred sangatlah kuat dalam memperjuangkan kemerdekaan pers dan menghasilkan produk-produk jurnalistik yang berkualitas.

Forum Pemred, kata Asydhad, merupakan perhimpunan terhormat karena beranggotakan para pemimpin redaksi yang sudah teruji dalam aktivitas-aktivitas jurnalisme, dan para intelektual.

Menurutnya posisi Forum Pemred yang independen dan steril dari kekuasaan harus dijaga dengan baik.

“Sesuai aturan, pengurus haruslah pemred aktif atau memiliki jabatan setara dan tidak merangkap jabatan di pemerintahan, BUMN, BUMD, maupun partai politik. Kita harus memegang komitmen ini,” ujar Asydhad.

Lebih lanjut Asydhad mengajak para pemred untuk bisa bersama-sama bergabung dalam kepengurusan untuk tiga tahun mendatang.

Ia juga mendorong anggota Forum Pemred dapat merancang program untuk mencapai tujuan-tujuan seperti yang tertuang dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan melayani para anggota.

“Setiap Pemred pasti punya pemikiran berbeda, namun saya yakin ada satu titik, kita akan memiliki isu yang sama untuk kita perjuangkan bersama,” ujarnya.

Selain pemilihan Ketua Dewan Pengurus, rapat anggota Forum Pemred juga memilih secara aklamasi Kemal E Gani sebagai Ketua Dewan Penasihat dan Herbert Timbo Siahaan sebagai Ketua Dewan Pengawas.

Kemal E Gani adalah Pemimpin Redaksi SWA, sedangkan Timbo Siahaan merupakan Pemimpin Redaksi JakTV.

Adapun Ketua Dewan Pengurus Forum Pemred 2018-2021 dijabat oleh Kemal Gani yang kini menjadi Ketua Dewan Penasihat.

Ketua Dewan Penasihat Forum Pemred 2018-2021 Suryopratomo, Ketua Dewan Pengawas Forum Pemred 2018-2021 Budiman Tanuredjo.

Suryopratomo saat ini menjadi Dubes RI di Singapura. Pernah menjadi Pemred Harian Kompas dan juga mantan Direktur Pemberitaan Metro TV.

Sedangkan Budiman Tanuredjo adalah Pemred Harian Kompas periode 2014-2016.

Rapat anggota berlangsung secara kekeluargaan. Selain memilih ketua Dewan Pengurus, Ketua Dewan Penasihat, dan Ketua Dewan Pengawas periode 2021-2024, rapat anggota juga menyetujui perubahan Anggaran Dasar yang merupakan penyempurnaan dari Anggaran Dasar sebelumnya.

Rapat juga menyetujui laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus periode 2018-2021. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Anak Usia 12 Tahun Mulai Diperbolehkan Dibawa ke Mall

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Dukung Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Global, PKS Senayan Minta Pemerintah Lobi WHO

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher (ist/net)
Baca Berita

DPR

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Faskes

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (ist/net)
Baca Berita
Loading...