Ternyata Kandungan Buah Pisang yang Dapat Menjadi Lapisan Anti Radang pada Lambung dan Usus

  • Bagikan
Ternyata Kandungan Buah Pisang yang Dapat Menjadi Lapisan Anti Radang pada Lambung dan Usus
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau membuat pisang menjadi buah favorit.  Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia.  Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang.  Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Pisang nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.  Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir.  Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.

Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.  Perlu disadari, istilah “pisang” juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas.

Kandungan Gizi Pisang

Di bawah ini berbagai kandungan gizi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang.

Air: 67,8 gram
Energi: 128 kalori
Protein: 0,8 gram
Lemak: 0,5 gram
Karbohidrat: 30,2 gram
Serat: 8,1 gram
Kalsium: 12 miligram
Fosfor: 28 miligram
Natrium: 3 miligram
Kalium: 382,0 miligram
Pisang juga mengandung berbagai mineral seperti beta karoten, vitamin B kompleks, Vitamin C, dan niasin.

Pisang kaya akan kandungan kalium atau potasium, magnesium, vitamin, dan serat.  Dibanding buah apel, pisang juga lebih kaya akan karbohidrat.  Kalium baik untuk peradangan (inflamasi) karena kalium membantu ginjal mengeluarkan natrium.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang tepat, berikut ini beberapa manfaat pisang yang bisa Anda rasakan:

1. Tekanan Darah Stabil

Pisang terkenal akan kandungan kalium yang tinggi.

Penelitian di Hypertension Institute, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kalium berperan penting dalam mengelola tekanan darah yang sehat.

Kalium membantu meredakan ketegangan pembuluh darah, yang menjadi penyebab tekanan darah meningkat.

Kandungan serat dalam pisang juga membantu mengikis kolesterol jahat (LDL) sehingga turut menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan kalium dalam pisang juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal.

Faktanya, seorang wanita yang mengonsumsi 2 hingga 3 buah pisang dalam seminggu memiliki risiko penyakit ginjal 33 persen lebih rendah.

Apabila Anda mengonsumsi buah pisang sebanyak 4 hingga 6 dalam satu minggu, risiko penyakit ginjal dapat berkurang hingga 50 persen.

3. Mengontrol Gula Darah

Seperti buah pada umumnya, pisang memiliki kadar indeks glikemik rendah. Ini artinya, gula alami dari pisang akan dilepas secara perlahan ke dalam darah.

Dengan begitu, kadar gula darah lebih terkontrol dan tidak akan mendadak tinggi.

4. Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat di dalam pisang dapat memperlambat pengosongan lambung.

Hal ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk mengonsumsi camilan secara berlebihan dapat diminimalkan.

Pisang yang berwarna kehijauan atau belum matang mengandung lebih banyak serat pati, yang berperan dalam hal tersebut.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain rasanya yang enak, kandungan serat yang tinggi pada pisang akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat bantu mengontrol nafsu makan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa serat pektin yang terkandung dalam pisang juga dapat membatasi penyerapan lemak dalam sel. Kandungan magnesiumnya juga membantu pemecahan sel lemak dalam tubuh.

Semua hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan, khususnya apabila dikombinasikan dengan penerapan pola makan dan gaya hidup sehat, serta olahraga teratur.

6. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu ketakutan terbesar wanita adalah penuaan dini, yang ditandai dengan kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur.

Dalam satu buah pisang terkandung vitamin C dan B6, yang merupakan antioksidan sehingga dapat menolong kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini tersebut.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan karotenoid pada pisang dapat melindungi serta memperbaiki sel yang rusak. Vitamin A dan C merupakan gizi penting bagi mata maupun kulit.

Selain itu, kandungan lutein pada pisang juga dapat menurunkan risiko degenerasi makula — kerusakan mata akibat penuaan.

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Saluran cerna Anda bisa lebih sehat berkat manfaat makan pisang setiap hari. Hal ini dikarenakan pisang juga mengandung prebiotik.

Prebiotik adalah “makanan” untuk bakteri baik dalam usus yang bersumber dari karbohidrat kompleks pada pisang, yaitu fruktooligosakarida.

9. Membantu Detoksifikasi

Kandungan pektin berperan dalam manfaat pisang untuk detoksifikasi alias mengeluarkan racun dari tubuh.

Menurut studi dari Forsch Komplementärmed, kandungan pektin pada pisang terbukti dapat membuang kandungan merkuri melalui urine.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, prebiotik fruktooligosakarida yang terkandung dalam pisang akan terfermentasi dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan penyerapan kalsium.

11. Meningkatkan Mood dan Mencegah Kecemasan

Asam amino triptofan dalam pisang merupakan bahan pembuat hormon serotonin, yang berperan penting dalam meningkatkan suasana hati.

Serotonin terkenal sebagai hormon yang berperan dalam perasaan tenang, sehingga membantu mencegah kecemasan.

12. Mewujudkan Tidur yang Berkualitas

Mewujudkan Tidur yang Berkualitas

Triptofan yang ada di dalam pisang merupakan bahan pembuat hormon melatonin. Hormon tersebut berperan dalam menciptakan perasaan relaks dan mengatur pola tidur.

Manfaat makan pisang, khususnya sebelum tidur, dapat membantu mewujudkan tidur yang lebih berkualitas.

13. Mengurangi Kram saat Olahraga

Pisang sering dijadikan buah pilihan bagi para atlet, karena kaya akan gizi dan dapat menjadi sumber energi yang baik.

Alasan lain pisang sering dijadikan konsumsi oleh para atlet adalah karena buah ini dapat bantu menjaga keseimbangan elektrolit, sehingga bisa menurunkan risiko kram saat olahraga.(Din)

 

 

  • Bagikan
Loading...