Terkait Pengembangan Motor Listrik, Komisi VII Dukung Program P3TKEBTKE

  • Bagikan
Mulyanto
Anggota Komisi VII DPR Mulyanto/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mendukung pengembangan motor listrik yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE). Program tersebut dinilai baik oleh Mulyanto karena bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Hal ini diungkapkan Mulyanto saat mengikuti Tim Kunspek Komisi VII DPR RI ke P3TKEBTKE Kementerian ESDM di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021).

“Ojeg online dan jasa motor di Indonesia sangat banyak, kalau inovasi ini bisa diterapkan dan masyarakat beralih ke motor listrik ini sangat luar biasa dan bisa menghemat bbm,” ujarnya.

Menurut Mulyanto, biaya perombakan motor bahan bakar bensin ke listrik masih cukup mahal, namun kalau kita buat masal mungkin biayanya bisa lebih murah. “Jika pabrikasinya masal baik baterai maupun motornya, saya rasa bisa ditekan lebih murah biayanya,” tutur Mulyanto.

Politisi PKS ini mengatakan, DPR RI akan mendorong subsidi di tahap awal pengembangan motor listrik. Dengan begitu, diharapkan dapat menarik investor untuk melakukan pembuatan motor tersebut dalam skala besar.

“Kita tadi lihat semua pengembanganya menggunakan baterai lithium, namun sampai saat ini kita belum bisa membuat baterai tersebut padahal bahan bakunya tersedia di negara kita. Untuk itu kita mendorong terus mengembangkan riset-riset untuk bisa membuat baterai lithium yang waktu pemakaiannya lebih panjang,” tandasnya. (ndi)

  • Bagikan