Tabalong Antisipasi Penyakit Rabies dengan Melibatkan Pelajar

  • Bagikan
Tabalong Antisipasi Penyakit Rabies dengan Melibatkan Pelajar
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit rabies, melalui sosialisasi di kalangan pelajar.

Kepala UPT Puskeswan Mabuun, Rahmani Nirmala ingin para pelajar bisa mendapatkan edukasi terkait penyakit rabies hingga penanggulangannya.

“Kita ingin pelajar tahu soal penyakit rabies termasuk dampaknya hingga cara pemeliharaan hewan yang menjadi pembawa penyakit,” kata Nirmala, Selasa (28/9).

Selain itu peserta sosialisasi bisa menyebarluaskan informasi seputar penyakit rabies dengan keluarga terdekat hingga di media sosial.

Sebelumnya Dinas Pertanian setempat memberikan vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Mabuun sebagai upaya pemberantasan penyakit rabies di ‘Bumi Saraba Kawa’.

Kepala Bidang Pengendalian Kesehatan Hewan, Kesmavet dan Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Suwandi mengatakan pemberian vaksinasi rabies akan rutin dilaksanakan agar masyarakat dapat hidup berdampingan dengan nyaman bersama hewan peliharaannya.

“Pemberian vaksinasi ini satu upaya menekan kasus rabies di Tabalong,” ujar Suwandi.

Tahun ini kasus rabies di Kabupaten Tabalong nihil dan 2020 tercatat enam kasus akibat gigitan hewan.

Sementara itu realisasi pemberian vaksinasi rabies yang bersumber dari APBN 2021 sebanyak 350 ekor dan APBN 2020 sebanyak 250 ekor.

Sedangkan pemberian vaksinasi rabies dari APBD mencapai 200 ekor dan tahun sebelumnya 600 ekor.

  • Bagikan
Loading...