Connect with us

Metropolitan

Respon Wagub DKI Soal Mural Mirip Jokowi di Jagakarsa

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal mural mirip Presiden Joko Widodo di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Coretan gambar di tembok itu kini telah dihapus pada Selasa malam.

Menurut Riza pembuatan mural di tembok tidak ada salahnya. Masyarakat diizinkan untuk berkreasi dan berinovasi termasuk membuat mural atau sejenisnya.

“Jadi kami minta masyarakat silahkan berkreasi dan berinovasi kreatif, semua melakukan mural, kemudian grafiti, coretan,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Kendati demikian, Riza menilai pembuatan mural pun ada aturannya. Si pembuat tidak boleh menyalahi regulasi dan harus menyesuaikan dengan norma-norma yang berlaku.

“Sejauh itu dilakukan di tempat ya baik tidak mengganggu, isinya positif, konstruktif kami bisa memahami,” katanya.

Melanggar yang dimaksud Riza adalah seperti mural mengajak masyarakat untuk keburukan. Lalu lokasi pembuatannya juga tak bisa sembarangan.

“Jangan dibuat yang bersifat yang tidak baik, jangan buat ajakan yang tidak baik, yang tendensius, melanggar aturan dan ketentuan di tempat-tempat umum yang dilarang,” tuturnya.

Sebelumnya, sebuah mural bergambar mirip Presiden Jokowi sempat menghiasi sebuah tembok di kawasan Jalan Kebagusan Raya Jakarta Selatan, Selasa (31/8). Hal itu diketahui dari sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @merekamjakarta.

Dalam video tersebut, gambar yang diduga Jokowi tampak sedang tersenyum dan mengenakan baju berwarna hitam. Dalam baju tersebut tertera tulisan 11 T.

Tak jauh dari kepala gambar tersebut, terdapat pula tulisan “Okelah 3 Priode HEHEHE…” Selain itu, di sisi bawah leher gambar Jokowi juga terdapat tulisan #IndonesiaWajibOK, nggak Oke…? BORGOL”.

Selain itu di sisi kiri gambar Jokowi terdapat tulisan “AKU NYERAH PAKDEH”. Tak hanya itu terdapat pula tulisan “MIKIRIN RAKYAT SAMPAI KURRUS”.

Tak lama berselang, pada unggahan @merekamjakarta pada Rabu (1/9), mural tersebut sudah dihapus. Mural itu dihapus menggunakan cat berwarna hitam.

Tulisan yang sebelumnya menghiasi gambar-gambar di dekat wajah Jokowi pun kini sudah tidak ada. Bahkan, kini ada tulisan baru yakni “Jos Asik Asik Ok” dan “Hidup Merdeka”.

Hingga saat ini belum diketahui siapa pihak yang membuat mural maupun yang menghapus mural tersebut.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metropolitan

Saat Pandemi Belum Usai, Pemprov DKI Gelar JF3 2021

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Metropolitan

Sebanyak 45 Anak Yatim Piatu Diberi Beasiswa oleh Pemprov DKI

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Metropolitan

Warga DKI Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem di Jakarta

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...