Connect with us

DPR

Perkaya Pembahasan RUU, Baleg Tampung Aspirasi Masyarakat Papua

Diterbitkan

Pada

Anggota Baleg DPR, Sulaeman L. Hamzah (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melaksanakan kegiatan sosialisasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) di Provinsi Papua untuk menyebarluaskan informasi Prolegnas RUU Perubahan Tahun 2020-2024 dan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2021 kepada seluruh komponen masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Baleg DPR RI juga hendak memperoleh aspirasi dari masyarakat guna memperkaya pembahasan rancangan undang-undang.

Anggota Baleg DPR RI Sulaeman L. Hamzah menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat mengetahui rencana pembentukan hukum yang akan mengatur peri kehidupan masyarakat. Serta dalam proses pembentukan hukum tersebut, masyarakat dapat memberikan masukan-masukan.

“Sehingga pada akhirnya setiap RUU yang akan ditetapkan menjadi undang-undang senantiasa mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” ujar Sulaeman, saat memimpin Tim Sosialisasi Baleg DPR RI, di Gedung Kantor Gubernur Provinsi Papua, Jayapura, Kamis (2/9/2021).

Dalam kegiatan sosialisasi Prolegnas kali ini, Baleg DPR RI memiliki beberapa sasaran yang hendak dicapai. Mulai dari terjalinnya komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah terkait proses pembentukan hukum yang sudah ditetapkan dalam Prolegnas RUU Perubahan Tahun 2020-2024 dan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2021 yang dilakukan Badan Legislasi bersama Pemerintah dan DPD RI.

Sasaran lainnya, kata Sulaeman, ialah terserapnya aspirasi masyarakat di daerah dan pemerintah daerah yang memiliki kepentingan terhadap beberapa atau keseluruhan RUU yang ada dalam Prolegnas.

Lalu terselenggaranya pembahasan RUU yang masuk dalam daftar Prolegnas sesuai dengan arah kebijakan pembangunan nasional.

“Harapannya dapat terwujudnya undang-undang yang aspiratif dan memenuhi kebutuhan hukum di masyarakat,” pungkas politisi Fraksi Partai NasDem itu. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Komisi VIII Minta Pemerintah Cepat Respon Masalah Barcode Vaksin Covid Kemenkes yang Tak Terbaca di Saudi

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto/Net
Baca Berita

DPR

Banyak Masalah, Komisi X Minta Nadiem Tunda Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda/Net
Baca Berita

DPR

Intan Fauzi: Saatnya Pemerintah Bantu Para Pelaku Usaha Ultra Mikro

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi/Net
Baca Berita
Loading...