Connect with us

Daerah

Pemkab Kudus Didorong Anggarkan BLT untuk Buruh Pabrik Rokok

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – DPRD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mendorong pemkab setempat untuk menganggarkan bantuan langsung tunai bagi buruh pabrik rokok, karena sudah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT.

“Dana kan sudah ada, kenapa hingga sekarang belum juga terlaksana. Seharusnya bisa dianggarkan lewat APBD 2021 murni dengan persentase yang sudah ditetapkan oleh Permenkeu tersebut,” kata Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani di Kudus, Rabu (15/9).

Apalagi, imbuh dia, buruh rokok juga terdampak pandemi Covid-19, sehingga pendapatannya juga menurun. Seharusnya sudah diberikan sejak awal, ternyata baru dibahas pada APBD perubahan 2021, dikhawatirkan anggarannya terbatas karena memanfaatkan sisa anggaran.

Ia meminta Pemkab Kudus tidak berbelit-belit dalam penganggarannya, mengingat penerimaan dana bagi hasil cukai dan tembakau (DBHCHT) dari pusat cukup besar, namun buruh rokok belum merasakan bantuan dari pemerintah melalui dana tersebut.

Ia menyarankan pada tahun 2022 program BLT buruh rokok bisa dianggarkan lebih awal, tanpa harus menunggu perumusan di anggaran perubahan.

Dengan tidak tersalurkannya BLT buruh rokok secara baik dan optimal, ia menilai menjadi preseden buruk mengingat Kudus merupakan kota kretek.

“Anggaran APBD harusnya lebih transparan, rasional, dan fokus pada titik sasarannya. Jangan “diecer-ecer” dan utamakan yang prioritas sesuai regulasi,” ujarnya.

Kabupaten Kudus pada 2021 mendapatkan alokasi DBHCHT sebesar Rp155,53 miliar. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi DBHCHT tercatat sekitar 50 persen anggarannya untuk kesejahteraan masyarakat, 25 persen untuk bidang penegakan hukum, dan 25 persen untuk bidang kesehatan.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Bioskop di Batam Diizinkan Buka, Begini Aturannya!

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Jalur Patroli yang Terbakar di Kalteng Mulai Dibersihkan untuk Pantau Kondisi Hutan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Perkembangan UMKM di Solo Pesat, Walikota Bilang Begini

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...