Pelajar SMKN 3 Pontianak Berharap Dengan Asesmen Nasional Mampu Meningkatkan Mutu Pendidikan

  • Bagikan
Pelajar SMKN 3 Pontianak Berharap Dengan Asesmen Nasional Mampu Meningkatkan Mutu Pendidikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) akan segera melaksanakan Asesmen Nasional mulai September 2021.

Beberapa siswa, guru dan kepala sekolah akan mengikuti asesmen nasional (AN) secara acak.  Sementara bagi siswa hanya mengikuti satu elemen AN yakni asesmen kompetensi minimum (AKM).  Siswa SMKN 3 Kota Pontianak Angela Yolanda mengatakan baru mengetahui informasi penghapusan Ujian Nasional yang diganti dengan AN.

“Sebenarnya saya baru tahu berita tentang Ujian Nasional yang dihapus dan diganti dengan Asesmen Nasional, beberapa waktu belakangan,” ujar Angela saat dihubungi Tribun Pontianak, Sabtu 18 September 2021.

Menurut Angela perubahan dengan diadakannya AN mengganti UN mempunyai dampak yang bagus.

“Berdasarkan informasi yang sudah saya baca melalui internet, sepertinya perubahan ini bagus untuk mengukur pencapaian murid dan melihat setiap kinerja sekolah,” ucap Angela.

Angela mengatakan UN dan AN ini memiliki konsep dan kesulitan tersendiri. Kendati belum merasakan bagaimana pelaksaan AN Angela yakin perubahan ini adalah langkah terbaik.  “Saya belum merasakan langsung bagaimana sistem pelaksanaan Asesmen Nasional ini, tetapi perubahan ini pasti sudah dipertimbangkan dengan baik oleh Kemendikbud-Ristek,” ujarnya.

Dia meyakini tujuan dan manfaat diberlakukannya AN adalah untuk memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Pasti ada tujuan dan manfaat terkait penghapusan Ujian Nasional dan pemberlakuan Asesmen Nasional ini, yaitu untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia,” katanya.

Dia berharap semoga dengan perubahan ini bisa merubah kualitas pendidikan di Indonesia semakin baik dan maju.(alf)

 

 

  • Bagikan
Loading...