Memiliki Ciri Khas Sircuit MotoGP Mandalika Terindah Dan Paling Menantang Di Dunia

  • Bagikan
Memiliki Ciri Khas Sircuit MotoGP Mandalika Terindah Dan Paling Menantang Di Dunia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Keindahan laut pantai Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Fakta ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Mick Doohan yang menyebutkan sangat sulit membedakan antara liburan dan balapan ketika para pembalap maupun penonton menyaksikan peggelaran MotoGP di Sircuit Mandalika Lombok di mulai.

Ditemui di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta Lombok. Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication Officer MGPA Senin (27/09/2021) mengungkapkan hal yang sama, keunggulan Sircuit Mandalika yang dikelilingi oleh pantai Selatan Pulau Lombok dengan pasir putih, memang tidak di temukan di sirkuit balapan lainnya di dunia.

“Pengakuan Mick Doohan itu benar, dan menjadi nilai plus tersendiri bagi NTB khususnya dan Indonesia pada umumnya, sebab hanya di Sircuit Mandalika, para pembalapnya dan penontonya bisa berlibur sambil menonton,” katanya.

Ditambahkannya, sircuit Mandalika merupakan sirkuit baru di dunia, yang mulai di rintis sejak 2015 lalu, dan bisa terwujud pada tahun ini, akan tetapi memiliki banyak keunggulan tersendiri, termasuk proses pengerjaannya tercatat paling cepat bila di bandingkan dengan beberapa sikrcuit di dunia.

“Kenapa Mandalika itu tercepat pembangunanya. Ini karena lebih untuk meningkatkan pariwisata, khususnya olahraga otomotif di Indonesia,” katanya.

Menurut Happy, adanya 17 tikungan pada desain Sircuit Mandalika, juga menjadi ciri khas khusus karena sircuit balapan MotoGP lainnya di dunia tidak memiliki tikungan sebanyak itu. “Kita patut berbangga bahwa Sircuit MotoGP Mandalika memiliki ciri – ciri khusus. Terlebih nantinya gelaran juara dunia WSBK penutupannya akan di laksanakan di Sircuit Mandalika, ” ungkapnya

Ia menceritakan, pada kisaran tanggal 11 – 13 Pebruari 2022 tes pra-musim MotoGP dilakukan di Mandalika. Di mana, tes pra-musim itu, biasanya lebih heboh bagi para produsennya sendiri.

“Tes pra-musim di Mandalika itu melihat suhu dan angin luar biasa. Itu jadi, tantangan, dan ban diluar engine. Apalagi, teknologi, sepatu, helm semuanya di ujicoba di sini. Maka, kita bersyukur Mandalika jadi pusat risetnya. Tapi, tetap kita ikuti Prokes Covid-19 dari pemerintah,” tutur Happy.

Sebelumnya, Mick Doohan saat menghadiri Pre-Launching Mandalika Grand Prix Associaton, Kamis lalu (23/9/2021) . “Saya takut pembalap tak bisa membedakan mana balap mana liburan. Karena konsep sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan, jadi di sini pembalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika ini bisa menikmati suasana konsep sirkuit yang menempel dengan pantai ini,” kata Doohan sebagaimana dilansir themandalikagp.com, Sabtu (25/9).

Lebih lanjut, pembalap dengan prestasi juara dunia pada MotoGP 1994-1998 itu menilai Sirkuit Mandalika begitu menantang. Komentar itu tentu disampaikannya setelah melihat desain dan layout sirkuit tersebut.

“Setelah melihat simulasi lintasan dan layoutnya ini sangat hebat. Ini adalah lintasan cepat yang artinya balapan akan hebat hebat dan menarik bagi para pembalap,” kata Doohan.

Menurut Doohan karakteristik Sirkuit Mandalika menantang perubahan yang sangat cepat dari titik ke titik lainnya. Ini diprediksinya menawarkan sensasi membalap dengan kompetisi sangat sengit.

“Perubahan terjadi secara cepat dari satu titik ke titik lainnya, artinya akan berlangsung balapan yang sangat ketat. Pemenangnya akan ditentukan pada lap terakhir. Sangat menarik,” tambah Doohan.

Seperti diberitakan sebelumnya, jadwal balapan di Sirkuit Mandalika sudah dipublikasikan melalui laman resmi World Superbike, Balapan di Mandalika bakal menjadi seri ke 13.

Seri ini diterangkan digelar pada 19-21 November mendatang. Layanan pembelian tiket pun sudah dibuka melalui laman tersebut. (LS)

  • Bagikan
Loading...