Connect with us

Politik

Luhut Ogah Beri Klarifikasi di Youtube Haris Azhar

Diterbitkan

Pada

Luhut Binsar Pandjaitan/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan lewat kuasa hukumnya Juniver Girsang menolak untuk memberikan klarifikasi di Youtube Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar. Klarifikasi yang dimaksud yakni terkait tuduhan Haris bahwa Luhut main bisnis tambang di Papua.

Juniver mengatakan penolakan itu berlaku sampai Haris mau mengklarifikasi serta meminta maaf terlebih dahulu. Sebab, menurutnya, pernyataan Haris termasuk fitnah.

“Setelah ia fitnah, hina, cemarkan, dan terbentuk opini itu yang tidak benar. Kita disuruh klarifikasi. Seharusnya, logikanya buktikan dulu ketidakbenaran yang kamu nyatakan itu. Kita minta dia buktikan dulu. Setelah kamu menyatakan bahwa kamu tidak benar, itu baru kita hadir [di YouTube Haris Azhar],” kata Juniver kepada wartawan, Kamis (9/9).

Juniver mengatakan pihaknya sudah menerima balasan somasi dari Haris kemarin, Rabu (8/9). Namun, ia menyayangkan jawaban itu tidak ada yang baru dari sebelumnya.

“Tidak beda, substansinya sama. Yang paling menarik, dia minta bawa dia di Youtube-nya,” kata dia.

Selain itu, ia juga menanggapi salah satu poin dalam balasan Haris terkait klaim bahwa kanal Youtube-nya didedikasikan untuk kepentingan publik. Ia lantas menuntut Haris untuk menerapkan satu elemen yang sama dengan salah elemen jurnalistik yakni cover both side.

“Kalau dia mengaku sebagai wartawan, seharusnya kan sebelum dia luncurkan di Youtubenya yang dianggapnya fitnah, pencemaran, aturannya kan undang kita dulu. Cover both side,” ucapnya.

Juniver juga menyebut pihaknya akan tetap membawa ke jalur hukum jika tidak ada klarifikasi dan minta maaf dari Haris. Ia yakin dalam proses hukum tersebut kebenaran akan terungkap.

“Artinya kita lihat, karena sudah bertahan dia menyatakan kebenarannya. Tentu kita minta keadilan dalam proses. Dalam proses ini melihat itu benar atau tidak. Sebagaimana somasi, kami akan proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” ucapnya.

Sebelumnya, Haris sudah mengirim balasan atas somasi Luhut lewat kuasa hukumnya Nurkholis. Haris juga disebut siap jika dirinya diseret ke jalur hukum.

Selain itu, Nurkholis juga mengatakan bahwa apa yang dibicarakan oleh Haris dengan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti soal tudingan Luhut main bisnis tambang di Papua berbasis riset dari koalisi sipil.

Diketahui, kegaduhan itu bermula dari video percakapan dengan Fatia dengan Haris di kanal Youtube-nya. Dalam percakapan itu, disebut bahwa PT Tobacom Del Mandiri, anak usaha Toba Sejahtera Group terlibat dalam bisnis tambang di Intan Jaya, Papua. Luhut adalah salah satu pemegang saham di Toba Sejahtera Group.

Luhut membantah tuduhan tersebut dan mengirim somasi kepada Haris dan Fatia. Somasi itu dilayangkan tak lama setelah video di kanal Youtube Haris diunggah.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

PDIP Bakal Sanksi Kader PDIP yang Ikut Deklarasi Capres 2024

Diterbitkan

Pada

Penulis

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/Net
Baca Berita

Politik

Anwar Hafid Siap Kawal dan Perjuangankan RUU Pembentukan Sulawesi di DPR

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi II DPR Anwar Hafid/Net
Baca Berita

Politik

Setjen DPR Garap Proyek Security Sistem Rp56 Miliar, Formappi: Itu Pemborosan

Diterbitkan

Pada

Penulis

DPR/Net
Baca Berita
Loading...