Lapas Kelas IIB Lubuibasung Buat 8 Kolam Antisipasi Kebakaran

  • Bagikan
Lapas Kelas IIB Lubuibasung Buat 8 Kolam Antisipasi Kebakaran
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuibasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyediakan delapan unit kolam untuk menampung air yang dapat digunakan untuk antisipasi proses pemadaman api jika terjadi kebakaran yang melanda Lapas itu.

“Air kolam ini bakal kita manfaatkan untuk memadamkan api yang membakar ruangan dan blok lapas,” kata Kepala Lapas IIB Lubukbasung Suroto di Lubukbasung, Ahad (26/9).

Ia mengatakan kolam itu berada di dalam Lapas Lubukbasung dan kondisi air tersedia untuk memadamkan api sebelum mobil pemadaman kebakaran sampai ke lokasi.

Saat ini, tambahnya, kolam tersebut dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele dan nila.

“Budidaya ikan itu dikelola oleh warga binaan Lapas Lubukbasung,” katanya.

Ia mengakui keberadaan kolam itu bentuk antisipasi Lapas Kelas IIB Lubukbasung, pascakebakaran Lapas Kelas I Tanggerang.

Selain menyediakan kolam, tambahnya, Lapas Lubukbasung juga melakukan kerjasama dengan PT PLN untuk memperbaiki jaringan instalasi listrik yang rusak di Lapas itu.

Melakukan kerjasama dengan Pemadan Kebakaran Agam untuk menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Setelah itu melakukan simulasi pemadaman api bagi petugas dan warga binaan.

“Simulasi itu bakal kita lakukan dalam waktu dekat dengan harapan mengerti dalam memadamkan api secara dini sebelum membesar,” katanya.

  • Bagikan
Loading...