Ketua Panwasrah Sebut PON XX Papua Akan Dibuka Presiden, Begini Susunan Acaranya

  • Bagikan
Ketua Panwasrah Sebut PON XX Papua Akan Dibuka Presiden, Begini Susunan Acaranya
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX Papua, Mayjeng TNI (Purn.) Dr. Suwarno, mengungkapkan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional akan dimulai pukul 19.00 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Persiapan upacara pembukaan akan dimulai pada siang hari ketika para atlet yang akan mewakili kontingen masing-masing juga tim peraga yang akan melaksanakan gelar kesenian atau festival, kemudian diikuti dengan pendukung lainnya seara berturut-turut hadir.

“Khusus untuk VIP kita berharap masing-masing nanti sudah disiapkan di akomodasi, dan berangkat menuju stadion bersama sama menggunakan kendaraan bus dan lain sebagainya,” kata Suwarno, seperti dikutip Antara, Minggu (19/9/2021).

“Acara akan dibuka oleh presiden, waktunya tanggal 2 jam 19.00 kita berharap di situ tidak akan lama, paling satu setengah jam akan selesai mencakup ini semuanya,” ujar dia melanjutkan.

Upacara pembukaan yang akan digelar di Stadion Lukas Enembe di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, itu akan menggunakan tiga pintu sebagai akses masuk ke dalam stadion.

“Tempat itu kan hanya mempunyai satu jalur utama, yang dari dan menuju, hanya memang kita sudah merencanakan pada saat awal membangun stadion itu kita ingin agar ada pintu masuk lebih dari satu, kita pengalaman dulu di PON-PON sebelumnya,” ujar Suwarno.

“Jadi perlu akses masuk ke dalam stadion itu lebih dari satu, sehingga pembagiannya ada yang nanti di atur melalui sebelah kiri stadion, ada yang di atur di sebelah kanan stadion, sementara pintu utama akan digunakan oleh VIP dan VVIP,” dia menambahkan.

Sementara itu, untuk pengamanan secara keseluruhan, Suwarno mengatakan persiapan sudah dilakukan dalam bentuk operasi yang diatur oleh jajaran Polda Papua, serta jajaran Kodam Cenderawasih.

“Saya sangat yakin kepada kemampuan dari dua institusi ini, dan sekaligus bertanggung jawab kepada kita semuanya dalam pengamanan kegiatan PON,” kata Suwarno.

Suwarno mengungkapkan bupati kabupaten Jayapura dan walikota Kota Jayapura juga sudah melakukan beberapa upaya, salah satunya bertemu dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat agar dapat memberikan dukungan semaksimal mungkin.

Mereka juga diharap dapat mengimbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung PON Papua.

“Saya optimis itu dapat berjalan dengan baik mohon untuk tidak usah khawatir dan lain sebagainya, nanti PON akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” ujar Suwarno. (ndi)

  • Bagikan
Loading...