Ketua Dewas RRI Frederik Ndolu : Media Layanan Publik Multiplatform Diharapkan Mampu Berikan Kepuasan Kepada Masyarakat

  • Bagikan
Ketua Dewas RRI Frederik Ndolu : Media Layanan Publik Multiplatform Diharapkan Mampu Berikan Kepuasan Kepada Masyarakat
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Lembaga Penyiaran Publik LPP RRI sebagai lembaga penyiaran yang memiliki sejarah panjang di Indonesia, memiliki peranan penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat, terutama di wilayah Papua maupun Papua Barat.

Ketua Dewan Pengawas LPP-RRI Dr. Frederik Ndolu, S,Sos, Msi mengatkan, lewat media multiplatform ia tawarkan konsep tiga batu tungku yakni ada kanal Pemerintah, Kanal Parlemen dan Kanal Masyarakat. Masing-masing kanal ini memberikan ruang khusus pemberitaan bagi tiga komponen tersebut sehingga lebih mengena di hati dan memuaskan masyarakat.

Freddy mengatakan, melalui RRI Radio, RRI TV dan RRI Online adalah sebuah redefine (mendefenisikan kembali) bahwa melalui ketiga batu tungku ini diharapkan mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat.

“Sebagaimana visi RRI sejak tahun 2012 adalah Terpercaya dan Mendunia, artinya harus berusaha untuk menyiarkan apa yang dibutuhkan publik bukan apa yang diinginkan,” terangnya dalam kegiatan diskusi publik dan bedah buku yang berlangsung di Gedung Kanol Say LPP RRI Merauke dan diikuti secara daring oleh seluruh satker RRI Korwil 1 dan 2, Jumat (17/09/2021).

Ia menyebut ada 11 point yang diajukan untuk masa depan RRI, di antaranya RRI harus terbebas dari intervensi pihak manapun, aset dan kekayaan RRI yang harus diatur dengan baik, serta perlu adanya upaya menyatukan RRI dan TVRI.

“Kami juga mengusulkan agar adanya 11 anggota dewan pengawas yang ketuanya ditetapkan oleh Presiden,” ucap Freddy.

Selain itu, pihaknya juga mengupayakan agar LPP RRI dapat menjadi media call center dan bukan sebagai lembaga pencari materi, serta perlu adanya fokus pembenahan terhadap program dan konten siaran.

Kesempatan yang sama Direktur TMB Drs. Rahadian Gingging, MK mengungkapan jumlah pemancar RRI di seluruh Indonesia sekitar 700 pemancar yang tersebar di seluruh satker LPP RRI Se-Indonesia.

LPP RRI juga telah berintegrasi menuju era teknologi digital, melalui streaming aplikasi RRI Play Go, RRI Online, RRI 30 Detik, RRI Net dan sejumlah teknologi digital lainnya yang terus dikembangkan di RRI.

“Kita berharap LPP RRI dapat menjadi lembaga yang mampu bersaing di era teknologi digital seiring perkembangan teknologi, serta menjadi lembaga penyiaran lebih baik dari waktu ke waktu” tutupnya.(ilm)

  • Bagikan