Kepatuhan Masyarakat Terhadap Prokes Diapresiasi

  • Bagikan
Bekasi
Penumpang bus tengah mengantre. Terparkir bus sekolah ikut mengangkut penumpang saat di masa pandemi. DOK/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi mengapresiasi kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Data menunjukkan bahwa kepatuhannya (penerapan protokol kesehatan) masih tinggi sampai sekarang,” kata Sonny dalam webinar bertajuk “Jurus Antisipasi Gelombang Ketiga” yang diikuti di Jakarta, Selasa (28/9).

Ia menjelaskan, dengan adanya ketaatan menerapkan prokes, maka pembukaan aktivitas masyarakat dapat dilakukan dengan aman, apalagi dengan pengawasan melalui aplikasi PeduliLindungi.

“Pembukaan aktivitas dilakukan dengan sangat berhati-hati ditambah dengan adanya protokol kesehatan digital melalui aplikasi PeduliLindungi,” tutur Sonny.

Pemerintah dapat mengizinkan penyelenggaraan kegiatan besar dengan kewajiban mengikuti pedoman yang telah ditetapkan sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil usai mempertimbangkan perlunya mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif tetapi juga aman dari Covid-19.

“Pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” ujar Menteri Johnny.

Upaya pemulihan sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi mesin penggerak kegiatan ekonomi dan memberikan dampak turunan positif kepada sektor lain.

Kegiatan berskala besar yang dimaksud adalah aktivitas yang melibatkan partisipan atau undangan dalam jumlah besar dan dari berbagai tempat, seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta maupun acara pernikahan besar.

  • Bagikan