Connect with us

Ekonomi

Kemenkop Berbagi Sembako kepada Masyarakat UMKM Terdampak Covid-19

Diterbitkan

Pada

(ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Sosial, Polda Metro Jaya, dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati, membagikan ribuan paket sembako bagi pelaku UMKM dan masyarakat terdampak Covid-19.

“Saat ini, aksi solidaritas untuk membantu sesama di tengah pandemi sangatlah bermakna. Banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi, kehilangan pekerjaan, hingga penurunan pendapatan,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, saat membagikan paket sembako secara simbolis, di Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Bagi MenKopUKM, ini semakin membuktikan bahwa koperasi juga memiliki fungsi sosial (dan pendidikan), di samping sebagai entitas ekonomi dan bisnis. “Filosofi koperasi seperti dikatakan Bung Hatta adalah kegiatan usaha bersama untuk kemajuan masyarakat umum,” tukas Teten.

Teten mengakui, tidak ada satu pun orang di dunia yang mampu menjamin Covid-19 bakal selesai dalam waktu dekat. “Oleh karena itu, pemerintah akan terus melakukan percepatan vaksinasi. Karena, tingkat vaksinasi seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Di banyak negara, semakin banyak rakyatnya yang divaksin, ekonominya terus bertumbuh,” jelas MenKopUKM.

Ke depan, Teten berharap, pandemi akan berubah menjadi endemi, yang hadir di sekitar masyarakat. “Kuncinya adalah tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan,” ujar MenKopUKM.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua II KSP Sahabat Mitra Sejati Kombes Pol (Purn) I Made Pande Cakra mengatakan, langkah bansos ini sebagai bentuk kepedulian koperasi terhadap masyarakat dan UMKM. “Kita memiliki gerakan sosial bertajuk Sahabat Peduli Komunitas,” ucap I Made Pande.

I Made Pande menjelaskan, kegiatan berbagi sembako ini merupakan aksi lanjutan dari tahun 2020 yang dilakukan di banyak daerah di Indonesia. “Kita akan menyebarkan sekitar 10 ribu paket sembako untuk seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya, kita selalu bersinergi dengan Pemda setempat,” kata dia.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat tengah mengharapkan bantuan dari pemerintah. “Dan ini akan terus berlanjut, karena kita tidak tahu kapan pandemi akan berakhir,” kata Yusri.

Untuk itu, lanjut Yusri, pihaknya akan terus melakukan percepatan program vaksinasi dengan nama Vaksin Merdeka, di samping program bansos. “Percepatan program vaksinasi yang kami lakukan juga akan menyasar wilayah Depok, Tangerang, dan Bekasi,” pungkas Yusri. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Generasi Muda Diajak Menjadi Wirausaha Sosial

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Ekonomi

Kata Peneliti, PeduliLindungi Berpotensi Raih Keuntungan Besar

Diterbitkan

Pada

Penulis

Peneliti ekonomi senior Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy (ist/net)
Baca Berita

Ekonomi

Menkop Ajak YDBA Kembangkan UMKM di Semua Sektor

Diterbitkan

Pada

Penulis

(ist/net)
Baca Berita
Loading...