Connect with us

Daerah

Kajati Kembalikan Momen Kebangkitan Penegakan Hukum di NTT

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Apresiasi dan penghargaan perlu diberikan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kajati NTT), Dr. Yulianto, S. H, M. H dan tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) serta tim intelejen Kejati NTT.

Pasalnya, Kejati NTT diera kepemimpinan Dr. Yulianto, S. H, M. H, berhasil memulihkan uang negara yang dirampok oleh para koruptor dalam kasus korupsi pemberian fasilitas kredit pada Bank NTT Cabang Surabaya senilai Rp. 127 miliar.

Keuangan negara yang berhasil dikembalikan oleh Kajati NTT sejimlah Rp. 127 miliar. Jumlah tersebut telah dihitung baik dalam bentuk aset bergerak maupun tidak bergerak serta uang tunai yang telah diserahkan kepada Bank NTT pada, Selasa (07/09/2021) kemarin.

Lasarus Jehamat Dosen Fisip Undana Kupang kepada wartawan, Rabu (08/08/2021) mengatakan bahwa keberhasilan Kajati NTT, Dr. Yulianto, S. H, M. H bersama jajarannya merupakan momen kebangkitan penegakan hukum di NTT.

Menurut Lasarus, ini merupakan suatu kebeehasilan dan prestasi Kajati NTT, Dr. Yulianto, S. H, M. H atas nama rakyat NTT yang menaruh harapan besar pada pundak sosok pangkat bintang dua ini.

“Ini keberhasilan Kajati NTT, Dr. Yulianto, S. H, M. H dan rakyat NTT. Inilah yang disebut bahwa Kajati NTT mengembalikan momen kebangkitan penegakan hukum di NTT,” ujar Lasarus.

“Kita perlu mengangkat topi setinggi langit merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Apresiasi dan penghargaan setinggi langit atas kinerja positif Kejati NTT,” tambah Lasarus.

Menurut Lasarus, keberhasilan yang dilakukan oleh Kajati NTT, Dr. Yulianto, S. H, M. H dapat disebut sebagai tonggak penegakan hukum di NTT dan merupakan momen kebangkitan penegakan hukum di NTT.

Ditambahkan Lasarus, penyelamatan uang negara hingga Rp. 127 miliar yang dalam bentuk aset bergerak maupun tak bergerak serta uang tunai merupakan bukti keiklasan dan cinta Kajati NTT kepada masyarakat NTT serta Kajati NTT telah mengukir sejarah yang takkan mungkin dilupakan oleh masyarakat NTT.

“mempertahankan prestasi itu jauh lebih sulit dibandingkan untuk mendapatkannya. Jadi, prestasi ini menjadi gerbang bagi perbaikan citra kejaksaan di daerah ini dan wajib kita memberikan penghargaan setinggi langit bagi para penegak hukum yang berhasil membongkar kasus ini,” kata Lasarus.

Terpisah, Mikael Feka Dosen Hukum Pidana Unwira Kupang mengatakan dirinya mengapresiasi keberhasilan Kejati NTT yang telah berhasil menyelamatkan uang rakyat NTT. Ini merupakan langkah progresif yang harus ditingkatkan agar semakin banyak uang rakyat NTT dikembalikan dari tangan para koruptor sehingga dapat digunakan untuk kesejahteraan rakyat NTT.

“Saya sangat yakin bahwa dengan keberhasilan ini, Kajati NTT bersama jajarannya semakin dicintai oleh rakyat NTT karena berhasil mengembalikan uang rakyat NTT,” terang Mikael.

Besar harapannya, Kajati NTT juga perlu menaruh atensi kepada proyek – proyek mangkrak di NTT dan masalah – masalah hukum terkait korupsi yang belum atau sedang dilidik agar segera dilakukan langkah hukum menyelamatkan sebanyak mungkin uang rakyat NTT.

“Pemulihan kerugian negara oleh Kejati NTT juga sebagai pesan moral bagi Bank NTT untuk lebih berhati – hati dalam mengelola keuangan yang ada,” kata Mikael.

Ditambahkan Mikael, untuk sektor lainnya agar berhati – hati dalam menggunakan kewenangan dan keuangan negara agar digunakan sebaiknya mungkin demi terwujudnya masyarakat NTT yang sejahtera.

“Kedepan saya minta agar kejati NTT lebih mengutamakan pencegahan dalam tindak pidana korupsi ini. Oleh karena itu sinergitas perlu dibangun dengan instansi pemerintah maupun aparat penegak hukum lainnya untuk melakukan pencegahan korupsi sejak dini. Dengan demikian keuangan negara yang ada sudah sejak awal digunakan untuk kepentingan rakyat,” tutup Mikael.(rey)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Jayapura Diguncang Gempa Bermagnitudo 4,3

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Daerah

Soal Isu Gelar JA, Bagian Dari Pembusukan Para Koruptor

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Saat Warganya Berjuang Melawan Covid-19, Bupati Karawang dan Wakilnya Beli Mobil Mewah

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...