Johnson & Johnson Klaim Vaksin Booster-nya Naikkan Perlindungan hingga 94 Persen

  • Bagikan
Johnson & Johnson Klaim Vaksin Booster-nya Naikkan Perlindungan hingga 94 Persen
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Johnson & Johnson pada Selasa (21/9/2021) mengumumkan bahwa dosis penguat (booster) vaksin COVID-19 mereka meningkatkan perlindungan hingga 94 persen jika diberikan dua bulan setelah penyuntikan dosis tunggal.

Perusahaan farmasi Amerika Serikat itu mengatakan dalam pernyataan, ketika dosis booster disuntikkan enam bulan setelah dosis tunggal, tingkat antibodi penerima meningkat sembilan kali lipat sepekan setelah penyuntikan itu.

Antibodi terus meningkat hingga 12 kali lipat empat pekan setelah penyuntikan booster.

“Semua kenaikan itu tidak dipengaruhi oleh usia,” kata perusahaan itu.

Kepala penelitian global Johnson & Johnson Mathai Mammen mengatakan vaksin dosis tunggal Johnson & Johnson memberikan respons imun yang kuat dan memori imun yang berlangsung lama.

Dia menambahkan bahwa ketika booster diberikan, kekuatan perlindungan semakin besar.

“Sebuah vaksin COVID-19 dosis tunggal yang mudah digunakan, didistribusikan dan diberikan, serta memberikan perlindungan yang kuat dan tahan lama sangat penting untuk memvaksinasi populasi global,” kata direktur sains Johnson & Johnson Paul Stoffels.

Perusahaan mengaku telah menyerahkan data kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan berencana mengajukannya ke regulator lain seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan National Immunization Technical Advisory Group (NITAG).

Pandemi virus corona telah menelan lebih dari 4,7 juta korban jiwa di sedikitnya 192 negara dan kawasan sejak Desember 2019, dengan total kasus mencapai 229,2 juta lebih, menurut data Universitas Johns Hopkins di AS.

Lebih dari 5,95 miliar dosis vaksin COVID-19 telah diberikan di seluruh dunia, kata data tersebut. (ant/ndi)

  • Bagikan