Ini Kronologi Tenggelamnya KMP Pengayoman di Perairan Nusakambangan

  • Bagikan
Ini Kronologi Tenggelamnya KMP Pengayoman di Perairan Nusakambangan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dua orang meninggal dunia akibat tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Pengayoman di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9). Dua orang akibat KMP Pengayoman tenggelam yakni petugas lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan pekerja proyek.

“Dari hasil evakuasi sementara 6 orang dievakuasi 4 orang selamat: Nakhoda kapal (P. toro, pegawai lapas batu), awak kapal. 2 orang meninggal: petugas lapas dan pekerja proyek,” ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Rika Aprianti, melalui keterangan tertulis, Jumat (17/9).

Rika menuturkan kronologi kecelakaan KMP Pengayoman tersebut. Sekitar pukul 09.00 WIB, kapal pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga Sodong mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas.

Ketika berada di tengah perjalanan, lanjut Rika, kapal mulai oleng dikarenakan angin kencang dan ombak yang besar dan kuat.

“Kapal pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat,” tutur Rika.

Saat ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tengah menuju Nusakambangan guna melakukan koordinasi dan monitor pelaksanaan penanganan dengan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah.

“Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu NK, langkah-langkah yang telah diambil sebagai berikut, mengerahkan kapal pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan,” kata Rika.[prs]

  • Bagikan