Connect with us

Daerah

Harga Sayur Mayur di Kaltim Melonjak

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Harga sayur mayur hasil petani lokal Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dalam sepekan ini melonjak tinggi diperkirakan terkait dengan hujan deras yang masih mengguyur daerah itu.

“Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional harga sayur mayur hasil petani lokal mengalami kenaikan, karena curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir, banyak tanaman petani lokal rusak sebelum panen,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro di Penajam, Rabu (8/9).

Pasokan berkurang karena hujan masih mengguyur, maka harga sayur mayur melonjak tinggi khususnya pasokan lokal Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sayur mayur hasil petani lokal yang harganya naik tersebut seperti sawi dijual dengan harga Rp10.000-Rp15.000 per ikat, sebelumnya hanya Rp5.000 per ikat.

Kemudian harga tomat yang sebelumnya dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional Rp18.000 per kilogram saat ini naik menjadi Rp22.000-Rp25.000 per kilogram.

Harga sayur mayur lainnya seperti cabai, kangkung, selada serta kacang panjang juga mengalami kenaikan rata-rata Rp7.000-Rp12.000 per ikat/kilogram.

Dengan kenaikan harga yang cukup signifikan tersebut membuat para pedagang tidak berani membeli banyak jenis sayur mayur untuk persediaan dagangan.

“Kalau harganya mahal pembeli juga kurang, jadi para pedagang mengurangi persediaan sayur mayur untuk dijual kembali,” ucap Kuncoro.

Sedangkan harga sayur mayur yang didatangkan dari luar daerah Kabupaten Penajam Paser Utara kata dia, harganya masih terpantau stabil.

Sayur mayur yang didatangkan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Penajam Paser utara tersebut di antaranya bawang merah, bawang putih, wortel serta kentang.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Satgas Pamtas RI-Timor Leste Kerahkan Personel Motivasi Pelajar SD Mulai Tatap Muka

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Daerah

KSP Pantau Langsung Produksi Padi Biofortifikasi di Lampung

Diterbitkan

Pada

Penulis

Deputi III Kantor Staf Presiden Panutan Sulendrakusuma (ist/net)
Baca Berita

Daerah

Ciptakan Aturan Berkualitas, Kemenkumham NTT Harmonisasi Empat Ranperda Sumba Barat

Diterbitkan

Pada

Penulis

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone (ist/net)
Baca Berita
Loading...