Dudung Sebut Semua Agama Sama, PKS: Bukan Otoritas TNI Bicara Hal Itu

  • Bagikan
Dudung Sebut Semua Agama Sama, PKS: Bukan Otoritas TNI Bicara Hal Itu
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Bukhori Yusuf mengkritik pernyataan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal Dudung Abdurachman, yang mengatakan ‘semua agama benar di mata Tuhan’.

Bukhori Yusuf menilai TNI tidak memiliki otoritas untuk berbicara mengenai kebenaran agama.

Menurutnya, hal-hal terkait kebenaran agama seharusnya disampaikan oleh seorang pemuka agama demi menghindari polemik di tengah masyarakat.

“Saya pikir bukan otoritas TNI untuk bicara tentang kebenaran agama. Namun perlu ditegaskan, bukan berarti dilarang secara mutlak. Hanya saja, mengingat isu ini bersifat sensitif dan prinsipil, diskursus ini seyogyanya diterangkan oleh pihak yang selaras dengan kapasitasnya, seperti pemuka agama demi menghindari polemik,” kata Bukhori kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Dia menegaskan, tugas TNI sebagaimana diamanatkan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 adalah menjaga pertahanan dan keamanan negara.

Bukhori pun meminta Dudung untuk berbicara sesuai dengan kapasitasnya sebagai prajurit TNI.

“TNI diberikan mandat oleh konstitusi untuk menjadi lapis terdepan dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Sebab itu, saya mengingatkan agar Letjen Dudung berbicara sesuai dengan kapasitasnya,” katanya.

Sebelumnya, Dudung sempat melontarkan pernyataan untuk mengingatkan kepada para prajuritnya agar menghindari sikap fanatik berlebihan terhadap suatu agama.

Pernyataan itu dilontarkan saat melakukan kunjungan ke Batalyon Zipur 9 Kostrad, Ujungberung, Bandung, Jawa Barat, Senin (13/9).

“Hindari fanatik yang berlebihan terhadap suatu agama. Karena semua agama itu benar di mata Tuhan,” kata Dudung.[prs]

  • Bagikan
Loading...