Connect with us

DPR

DPR Minta Besaran Dana Desa Harus Bisa Mengurangi Jumlah Desa Tertinggal

Diterbitkan

Pada

Anggota Komisi V DPR Muhammad Aras/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras mengatakan kalau besarnya dana desa harus bisa dimaksimalkan untuk dapat mendukung desa yang lebih mandiri.

Dalam hal ini, Kesekjenan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi tentu memiliki fungsi evaluasi dan penyusunan perundang undangan yang mendukung desa lebih mandiri kreatif dan berdaya saing.

“Tentu hal ini harus terus dikembangkan dan kedepan desa mandiri di Indonesia semakin banyak dengan dana yang besar bukan desa semakin tertinggal tapi diupayakan betul betul bisa menjadi pertumbuhan yang baik,” kata Aras dalam RDP Komisi V dengan Eselon I Kemendes PDT, Kamis (02/09/2021).

Politisi PPP tersebut juga memaparkan kalau sebagian besar masyarakat ini berada di desa sehingga arah pembangunan tersebut bisa dimaksimalkan melalui desa dengan jargon membangun desa.

Cara tersebut bisa dimaksimalkan dengan meningkatkan layanan berbasis digital pada desa karena seperti diketahui desa ini banyak yang tertinggal dan buta terhadap teknologi.

“Oleh karena itu layanan digitalisasi perlu ditingkatkan supaya dapat menciptakan budaya good governance untuk aparat desa karena hari ini dari sekian banyak kepala desa yang ada dari 74.000 ini kurang lebih 1/4 selalu berurusan dengan aparat hukum disana bukan menyalahkan mereka,” paparnya.

“Paling tidak aparatur desa terkait terutama pendamping dan kesekjenan tentu bisa melihat permasalahan ini dan kesalahan tidak terulang,” sambungnya.

Menutup pernyataanya, Aras berharap program membangun desa mandiri diakhir tahun bisa tercapai dan tahun ini bisa tuntas sesuai dengan rencana yang telah disampaikan pada kami.

Untuk itu, fungsi pengawasan secara internal perlu ditingkatkan untuk dapat mengatasi permasalahan yang dapat menghambat program Kemendes PDT.

“Fungsi pengawasan internal ini perlu ditingkatkan untuk penjagaan korupsi dan jangan sampai ada permasalahan sama yang muncul dikemudian hari dan pencegahan juga perlu ditingkatkan,” tutupnya.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Demul Minta Warga Tak Buru Macan Tutul di Sanggabuana

Diterbitkan

Pada

Penulis

Macan Tutul yang terlihat di Gunung Sanggabuana/Net
Baca Berita

DPR

Berhadiah Hadiah Sepeda dan Jadikan Jokowi Juri, Puan Bawakan Kuis untuk Siswa di Banten

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Meski Masih Polemik, DPR Tetap Sahkan Nyoman Jadi Anggota BPK

Diterbitkan

Pada

Penulis

Nyoman Adhi Suryadnyana/Net
Baca Berita
Loading...