Connect with us

DPR

DPR Desak Kemenkes Transparan ke Publik Buka Dugaan Kebocoran Data eHAC

Diterbitkan

Pada

Anggota Komisi I DPR Muhammad Iqbal/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP Muhammad Iqbal mendesak pemerintah transparan dalam kasus dugaan kebocoran data warga pada aplikasi tes dan telusur Electronic Health Alert Card (eHAC).

Iqbal mempertanyakan klaim pemerintah bahwa tak ada kebocoran data. Ia mendesak Kemenkes membuka hasil investigasi secara rinci dan transparan.

“Menurut saya, seharusnya BSSN dan Kemenkes membuka saja hasil investigasi yang sudah dilakukan ke publik agar masyarakat menjadi tenang dan tidak khawatir,” kata Iqbal lewat pesan singkat kepada wartawan, Rabu (1/9).

Iqbal mengatakan indikasi kebocoran data cukup jelas. Pasalnya, ada pihak ketiga yang mampu mengakses data warga di eHAC.

Dia menyebut hanya pemerintah yang tahu soal kondisi data dalam aplikasi tersebut. Iqbal meminta pemerintah menjelaskan apakah data tersebut hanya diakses atau sampai diambil oleh pihak lain.

Sebelumnya, para peneliti siber dari vpnMentor mengungkap data lebih dari satu juta pengguna eHAC terekspos. Mereka menyebut aplikasi itu tidak memiliki privasi dan protokol keamanan data yang mumpuni.

Tim peneliti vpnMentor menyebut data yang diduga bocor meliputi nomor kartu tanda penduduk (KTP), paspor serta data dan hasil tes Covid-19, alamat, nomor telepon dan nomor peserta rumah sakit, nama lengkap, tanggal lahir, pekerjaan dan foto.

Kemenkes melakukan investigasi bersama BSSN setelah laporan itu. Mereka menyimpulkan tak ada koebocoran data pada aplikasi eHAC.

“Kemenkes memastikan bahwa data masyarakat yang ada dalam sistem eHAC tidak bocor dan dalam perlindungan,” kata Anas dalam konferensi pers secara daring, Rabu (1/9).[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Demul Minta Warga Tak Buru Macan Tutul di Sanggabuana

Diterbitkan

Pada

Penulis

Macan Tutul yang terlihat di Gunung Sanggabuana/Net
Baca Berita

DPR

Berhadiah Hadiah Sepeda dan Jadikan Jokowi Juri, Puan Bawakan Kuis untuk Siswa di Banten

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Meski Masih Polemik, DPR Tetap Sahkan Nyoman Jadi Anggota BPK

Diterbitkan

Pada

Penulis

Nyoman Adhi Suryadnyana/Net
Baca Berita
Loading...