Di Sidang Ke-76 Majelis Umum PBB, Jokowi Akan Sampaikan Pidato Virtual

  • Bagikan
Di Sidang Ke-76 Majelis Umum PBB, Jokowi Akan Sampaikan Pidato Virtual
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato di Sidang ke-76 Majelis Umum PBB pada Kamis (23/9/2021) waktu Indonesia atau Rabu (22/9/2021) waktu New York. Pidato tersebut akan dilakukan secara virtual.

“Presiden RI akan menyampaikan pidato di Sidang ke-76 Majelis Umum PBB besok, Rabu 22 September sore waktu New York, atau Kamis pagi waktu Jakarta, secara virtual. Dan saya yang akan menghantarkan pidato Presiden,” ujar Retno, dalam keterangan persnya secara virtual, Rabu (22/9/2021) pagi.

Dikatakan Retno, saat ini dirinya sedang berada di New York dalam rangka menghadiri High Level Week Sidang ke-76 Majelis Umum PBB.

Pada tahun ini, agenda tersebut dilakukan secara hybrid, di mana tahun lalu dilakukan virtual penuh karena pandemi.

Retno menyebutkan, Presiden Sidang ke-76 Majelis Umum PBB adalah Abdulla Shahid dari Maladewa yang juga merupakan Menteri Luar Negeri negara tersebut.

Adapun tema Sidang Majelis Umum PBB tahun ini adalah “Building resilience through hope – to recover from COVID19, rebuild sustainably, respond to the needs of the planet, respect the rights of the people, and revitalize the United Nations”.

“Tema ini tentunya menggambarkan tantangan yang masih dihadapi dunia saat ini, dari Covid-19 hingga perubahan iklim, dari kemiskinan yang semakin dalam akibat pandemi hingga masih terjadinya konflik di berbagai belahan dunia,” ujarnya.

Sebanyak 195 negara dijadwalkan berpartisipasi dalam High Level Week Sidang ke-76 Majelis Umum PBB.

Dari jumlah itu, 107 negara di antaranya berpartisipasi pada tingkat kepala negara, baik yang hadir maupun yang menyampaikan statement secara virtual.

“Dari ASEAN, hampir semua pemimpin menyampaikan statement secara virtual, kecuali Presiden Vietnam,” ujarnya menambahkan. (ndi)

  • Bagikan