Connect with us

Luar Negeri

China Beri Bantuan Senilai Rp442,12 Miliar ke Afghanistan yang Dikuasai Taliban

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah China memberi bantuan senilai US$31 juta atau setara Rp442,12 miliar (kurs Rp14.262 per dolar AS) kepada Afghanistan yang telah dikuasai Taliban pada Rabu (8/9). Bantuan itu berupa persediaan makanan untuk musim dingin, obat-obatan, hingga 3 juta dosis vaksin covid-19.

Melansir CNN Business, Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan bantuan ini merupakan pemenuhan janji bantuan dari pemerintah negeri tirai bambu yang sudah disampaikan ke Afghanistan. Selain itu, menurutnya, bantuan vaksin sejatinya memang kerap diberikan China kepada negara-negara berpenghasilan rendah.

Kendati begitu, menurutnya, Amerika Serikat dan para negara sekutunya memiliki kewajiban lebih untuk memberikan bantuan ekonomi dan kemanusiaan kepada Afghanistan. Khususnya setelah AS menarik diri dari negara tersebut.

Selain AS, Wang juga menilai negara-negara tetangga, seperti Pakistan, Iran, Tajikistan, Turkmenistan, hingga Uzbekistan juga perlu berkoordinasi dan bekerja sama membangun struktur politik dengan Afghanistan. Hal ini disampaikannya saat pertemuan antar menteri luar negeri dari negara-negara tetangga Afghanistan yang digelar secara virtual.

Sementara, Taliban telah mengumumkan pemerintah baru di negara tersebut. Usai deklarasi tersebut, China mengakui kekuatan militer dan politik Afghanistan di bawah Taliban.

China juga menyatakan akan berperan dalam perdamaian, rekonsiliasi, dan rekonstruksi di Afghanistan. Taliban pun menyambut tawaran China.

“China adalah negara yang sangat penting dan kuat di lingkungan kami, dan kami memiliki hubungan yang sangat positif dan baik dengan China di masa lalu. Kami ingin membuat hubungan ini semakin kuat dan ingin meningkatkan tingkat rasa saling percaya,” ungkap Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Luar Negeri

Italia Ingin Legalkan Ganja Tahun Depan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ganja/Net
Baca Berita

Luar Negeri

Manny Pacquiao Digadangkan Maju Sebagai Capres Filipina

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Luar Negeri

Sebanyak 10 Anak Sekolah yang Menjadi Korban Penyekapan Dibebaskan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...